Trik Cepat Suwir Daging Ayam

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 26/02/2018 11:57 WIB
Trik Cepat Suwir Daging Ayam ilustrasi ayam suwir (Thinkstock/RondaKimbrow)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dibanding makan ayam utuh, makan daging ayam suwir tentu jauh lebih mudah dan cepat.

Tak cuma itu, beberapa jenis makanan juga bisa dibuat dari olahan ayam suwir, misalnya nasi goreng ayam, mi goreng ayam, sampai ayam suwir paprika.

Sekalipun banyak olahannya, menyuwir daging ayam adalah sebuah pekerjaan yang melelahkan dan butuh waktu lama. Belum lagi ketika potongan-potongan daging yang tersangkut di bawah kuku-kuku jari.



Jika jumlah daging yang ingin disuwir hanya sedikit, menggunakan cara manual dengan tangan sendiri tentu bukan masalah. Namun jika jumlah daging yang disuwir banyak tentu bakal jadi masalah.

Untuk memudahkan proses suwir daging, Diana Rightmire anggota Cooking Light Diet punya trik praktis. Rightmire menggunakan mixer yang biasa dipakai untuk mengocok adonan kue.

Dilansir dari Southern Living, berikut cara menyuwir daging ayam menggunakan mixer yang memakan waktu sekitar 15 detik saja.

1. Siapkan daging ayam yang sudah dimasak dan dilepaskan dari tulang-tulangnya. Buang bagian-bagian daging lainnya yang tidak ingin dimasukkan.

2. Masukkan daging ayam yang baru matang ke dalam mangkuk. Kemudian nyalakan mixer dan gunakan dalam kecepatan terendah.

3. Perhatikan daging ayam, pastikan untuk mengecek jika masih ada bagian daging ayam yang belum tersuwir. Jika perlu, naikkan kecepatan mixer perlahan-lahan. Di bawah waktu satu menit, daging ayam akan tersuir dengan baik.

Trik menyuwir daging dengan mixer ini juga dapat digunakan untuk jenis-jenis daging lainnya, seperti daging sapi atau babi.

(ast/chs)