Manfaat Greek Yogurt, dari Jaga Pencernaan Sampai Bantu Diet

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 28/02/2018 09:54 WIB
Greek yogurt yang tengah jadi tren saat ini disebut-sebut memiliki banyak kelebihan dibanding jenis yogurt lainnya. ilustrasi (Jamie Hamel-Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di pasaran, Anda pasti sering menemukan beragam jenis yogurt dari minuman yogurt, yogurt biasa, sampai greek yogurt.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa semua jenis yogurt itu sama saja. Namun kenyataannya, yogurt memiliki ragam jenis yang berbeda-beda. Hanya saja, greek yogurt yang tengah jadi tren saat ini disebut-sebut memiliki banyak kelebihan dibanding jenis yogurt lainnya.

"Greek yogurt berbeda dengan jenis yogurt lainnya terutama dari segi teksturnya yang lebih kental dan padat," kata dokter gizi Samuel Oentoro saat peluncuran kampanye sehat Heavenly Blush Greek Yogurt Secret di Jakarta beberapa waktu lalu.



"Selain tekstur yang padat, greek yogurt dengan yogurt lainnya tidak bisa dibedakan, karena bakteri fermentasinya sama. Yang membedakan cuma proses pembuatannya saja."

Ivonne Aryanti marketing director Heavenly Blush mengungkapkan bahwa pembuatan greek yogurt memang berbeda dengan yogurt lainnya.

Untuk menghadirkan tekstur yang lebih kental dan padat, susu yang telah difermentasi oleh bakteri baik, misalnya Lactobacillus bulgaricus ini harus disaring kembali.

Secara tradisional di Yunani, kain tipis dengan ukuran pori yang kecil pun digunakan untuk menyaring susu terfermentasi ini.

"Proses penyaringan ini membuat yogurt orang Yunani ini jadi lebih kaya protein dibanding jenis yogurt lainnya," kata Samuel.

"Yogurt mengandung semua nutrisi susu, sehingga sehat. Namun kekurangannya adalah susu mengandung lemak yang tinggi. Proses penyaringan yogurt ini akan membuat protein susu tetap tinggal dalam yogurt dan mengurangi lemaknya."


Kandungan protein yang lebih tinggi dan kadar air yang lebih rendah membuat greek yogurt dianggap lebih ampuh untuk membantu menjaga berat badan. Greek Yogurt memiliki banyak manfaat untuk mencapai pola hidup sehat dan seimbang.

"Selain menjaga kesehatan pencernaan, yogurt juga membantu membakar lemak. Kandungan protein tinggi menyebabkan asam aminonya juga tinggi sehingga cocok untuk orang yang ingin membentuk tubuh dengan diet tinggi protein."

"Tapi ingat, ini bukan makanan pengganti tapi makanan pelengkap."

Senada dengan Samuel, Ivonne juga mengungkapkan bahwa kandungan protein greek yogurt yang tinggi akan membantu membuat perut kenyang lebih lama.

"Greek yogurt juga cocok dikonsumsi oleh orang yang mengalami masalah intoleran laktosa. Dalam proses fermentasi, laktosa susu akan dipecah dan proses penyaringan akan membuatnya lebih mudah dicerna," kata Ivonne saat peluncuran greek yogurt Heavenly Blush Greek Secret, beberapa waktu lalu. (chs/chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK