Resep Brownies Kacang Hitam

apr, CNN Indonesia | Senin, 05/03/2018 05:09 WIB
Resep Brownies Kacang Hitam Selain bisa diolah menjadi makanan untuk menu pembuka atau appetizer, ternyata kacang hitam juga bisa diolah menjadi brownies yang lezat. (Foto: Thinkstock/Nata_vkusidey)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belakangan, banyak orang menganggap remeh akan kehadiran kacang hitam pada piring makannya. Padahal si hitam ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Selain bisa diolah menjadi appetizer, ternyata kacang hitam juga bisa diolah menjadi brownies yang lezat.

Seorang bloger makanan, Laura Lea Balanced menemukan resep brownies dengan menggunakan kacang hitam. Resep ini sangat mudah dibuat di rumah hanya dengan mencampurkan semua bahan ke mixer, lalu letakkan ke dalam loyang, taburkan dengan coklat lalu panggang selama 50 menit.

Brownies dengan kacang hitam ini menjadi makanan yang sehat karena kaya akan serat, mengandung lemak sehat dan protein nabati. Brownies ini juga memberikan efek kenyang sehingga mengurangi asupan cemilan, sehingga baik dikonsumsi bagi para pelaku diet sehat.


Dilansir dari Health, Laura Lea mengaku memiliki cara tersendiri untuk menikmati brownies lezat ini.


"Cara favorit saya memakan brownies ini ketika hangat dengan tambahan mentega almond dan segelas es krim vanila, saya juga menikmatinya saat sarapan dengan yoghurt, granola, dan buah beri segar."

Bahan:
15 ons kacang hijau yang sudah di cuci bersih lalu tiriskan
6 sdm bubuk coklat
3/4 cangkir sirup maple, grade A
2 sendok teh bubuk atau ekstrak vanila
1/2 cangkir mentega almond
1/4 sendok teh baking soda
1/2 cangkir coklat hitam, dicincang


Cara pembuatan:
1. Panaskan oven sampai suhu 375 F, lapisi loyang dengan kertas roti anti lengket, pastikan ada sisa kertas di setiap sisinya.

2. Campurkan semua bahan ke dalam mixer kecuali coklat yang dicincang. Campurkan semua bahan sampai benar-benar halus.

3. Lalu campurkan coklat cincang ke dalam adonan. Tuangkan adonan ke dalam loyang secara perlahan untuk membuat lapisan yang tipis.

4. Panggang selama 50 menit. Gunakan tusuk gigi untuk mengecek apakah adonan sudah matang. Tusuk adonan dengan tusuk gigi dan pastikan tidak ada adonan yang terlihat ditusuk gigi tersebut.

5. Angkat dan biarkan dingin selama kurang lebih 30 menit, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik adonan bisa didiamkan sampai satu jam. (cel/rah)