Berlin, Kota Sarat Budaya dan Keberagaman versi Ekspatriat

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 01/03/2018 17:12 WIB
Berlin, Kota Sarat Budaya dan Keberagaman versi Ekspatriat Suasana Pasar Natal di Berlin, Jerman. (REUTERS/Hannibal Hanschke
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan galeri seni dan kelab malam di Berlin membuat ibu kota Jerman itu menempati peringkat teratas dalam daftar kota yang sarat seni budaya versi ekspatriat di dunia pada tahun ini.

Daftar bertajuk Expat Explorer Survey itu dirilis pada Senin (26/2). Dalam penyusunannya, mereka melakukan survei terhadap 27.587 orang ekspatriat dari 159 negara sepanjang tahun lalu.

Hasilnya, sebanyak 70 persen ekspatriat memilih Berlin sebagai kota di peringkat teratas dalam daftar tersebut.


Dalam daftar yang sama juga ada kota Buenos Aires (Argentina), London (Inggris), New York (Amerika Serikat), dan Paris (Perancis).

Hampir sama dengan Berlin, Buenos Aires dikelilingi oleh bangunan bersejarah dan pusat hiburan.

Sebanyak 67 persen ekspatriat yang mengisi survei mengaku sangat senang dapat merasakan kearifan lokal yang berpadu dengan modernitas di ibu kota Argentina itu.

Sebanyak 55 persen ekspatriat juga memilih Berlin sebagai kota yang sangat menjunjung tinggi keberagaman.

Namun, dalam daftar tersebut Berlin berada di peringkat ke-tiga, karena peringkat pertama dan ke-dua masing-masing ditempati oleh Stockholm (Swedia) dan Lisboa (Portugal).

Sementara itu, Sydney (Australia) berada di peringkat teratas dalam daftar kota dengan kualitas hidup terbaik.

Sebanyak 80 persen ekspatriat mengatakan kalau di kota itu mereka bisa melakukan banyak kegiatan di luar ruang, mulai dari olahraga sampai wisata.

Dalam daftar yang sama, di bawah peringkat Sydney ada kota Vancouver (Kanada) dan Madrid (Spanyol).

Berlin dan Sydney memang bisa unggul dalam faktor budaya dan kualitas hidup, namun Singapura menduduki peringkat teratas dalam daftar negara terbaik untuk hidup pada tahun ini.

Faktor gaji, keamanan, dan akses transportasi membuat negara tetangga Indonesia itu mampu mengalahkan Norwegia, Selandia Baru, Jerman, Belanda, dan Kanada.

Berikut ini ialah daftar lengkap kota terbaik di dunia yang dinilai dari faktor kuliner, transportasi, lapangan pekerjaan, biaya hidup dan pendidikan menurut Expat Explorer Survey

Kuliner:
1. Bangkok
2. Tokyo
3. Sao Paolo

Transportasi:
1. Seoul
2. Taipei
3. Zurich

Lapangan pekerjaan:
1. San Fransisco
2. London
3. New York

Biaya hidup terjangkau:
1. Bangkok
2. Berlin
3. Praha

Pendidikan:
1. Singapura
2. Toronto
3. Glasgow

(ard)