Cekrak Cekrak

Majelis di Malam Minggu, Juara 'Cekrak Cekrek' Periode ke-Dua

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 02/03/2018 14:10 WIB
Majelis di Malam Minggu, Juara 'Cekrak Cekrek' Periode ke-Dua Peserta kelas fotografi Cekrak Cekrek CNNIndonesia.com periode ke-dua berpose bersama pada Sabtu (10/2). (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelas fotografi yang diselenggarakan oleh CNNIndonesia.com, Cekrak Cekrek periode ke-dua dengan tema 'Foto Bercerita' telah diselenggarakan pada 3 dan 10 Februari 2018 di kantor CNN Indonesia, Gedung Transmedia, Jakarta.

Pengisi kelas fotografi periode ke-dua ini ialah fotografer CNNIndonesia.com, Adhi Wicaksono.

Dalam kariernya di dunia jurnalistik, belum lama ini Adhi berhasil menjadi juara pertama dan ke-dua dalam Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2017.


Ia menjadi juara pertama dalam kategori Photo Story dengan foto berjudul 'Bingkai Kebhinekaan, Yahudi di Indonesia' dan juara ke-dua dalam kategori Daily Life dengan foto berjudul 'Bertahan di Perahu'.

Di Cekrak Cekrek periode ke-dua, Adhi sekaligus membagi pengalamannya kepada delapan orang peserta yang terpilih untuk mengikuti kelas 'Foto Bercerita'.

Walau diselenggarakan dua kali di Sabtu pagi, namun seluruh peserta terlihat antusias mengikuti jalannya kelas.

Sesi penyajian materi juga diselingi oleh tanya jawab yang seru.

Beberapa materi yang diberikan Adhi meliputi cara merangkum momen dalam foto, menceritakan kisah dalam foto, sampai berbagi inspirasi mengenai foto-foto bercerita yang dikaguminya.

Setelah 3 Februari, peserta diminta untuk mempraktekan materi yang dipelajari. Kedelapan peserta yang telah mengajukan tema foto langsung berkeliling kota Jakarta untuk mewujudkan rangkaian foto berceritanya.

Tantangan tersebut juga diberi imbalan, yakni satu foto terbaik akan dipajang dalam kanal Galeri Foto di situs www.cnnindonesia.com.

Pada 10 Februari, peserta kembali berkumpul untuk menyerahkan "hasil buruannya". Di hari penilaian itu, Adhi juga dibantu rekan fotografernya di CNNIndonesia.com, Safir Makki, untuk menentukan foto terbaik.

Salah satu foto karya Aditya Fajril untuk Cekrak Cekrek periode ke-dua bertema 'Foto Bercerita'. (Dok. Aditya Fajril Nugroho)

Hasilnya, foto milik Aditya Fajril yang berjudul 'Para Pencari Tuhan di Malam Minggu' terpilih sebagai yang terbaik.

Dalam foto berceritanya, Aditya berkisah mengenai anggota kelompok majelis taklim Nurul Musthofa yang rutin berkegiatan ibadah di malam minggu.

Mayoritas anggotanya merupakan anak muda, yang identik dengan kegiatan hura-hura di akhir pekan.

Adhi berpendapat bahwa foto milik Aditya cukup menggambarkan konsep foto bercerita dari materi yang disampaikannya.

"Dalam mewujudkan konsepnya, Aditya merupakan salah satu peserta dengan varian foto yang menarik. Sehingga, dalam editing (penyusunan foto), memberikan ruang yang lebar untuk bercerita. Tidak melulu terpusat dalam kegiatan utama, tetapi juga memberikan ruang terhadap detil-detil kecil yang sering luput kita lihat di keseharian," kata Adhi mengenai hasil foto yang terpilih.

Berikut ini ialah nama-nama peserta yang terpilih ikut dalam kelas bertema Foto Bercerita di bulan Februari 2018:

1. Aditya Fajril Nugroho
2. Muhammad Faiz Zulfikar
3. Mai Hidayati
4. Hutomo Putra Yudha
5. M. Eka Syaputra
6. Yusuf Priambodo
7. Atika Maharani

Kelas fotografi Cekrak-Cekrek akan kembali diselenggarakan di bulan Maret 2018. Untuk mengikuti kelas ini tidak dipungut biaya, dan peserta akan mendapatkan sertifikat resmi.

Simak terus media sosial CNNIndonesia.com untuk informasi pendaftarannya.

[Gambas:Video CNN]

(ard)