Menteri Agama Membuka Perayaan 'Cap Go Meh' di Singkawang

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 02/03/2018 15:42 WIB
Menteri Agama Membuka Perayaan 'Cap Go Meh' di Singkawang Pasar Hong Kong menjadi salah satu pusat perbelanjaan paling terkenal di Singkawang. (CNN Indonesia/Ranny Virginia Utami)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Kedatangan beliau dengan maksud mewakili Presiden Joko Widodo dalam perayaan tahun ini.

Dimulainya perayaan tradisi 15 hari setelah Imlek itu berlangsung sejak Jumat (2/3) pagi. Dalam sambutannya, Lukman mengatakan keanekaragaman budaya yang ada di Kota Singkawang menjadi salah satu aset bangsa Indonesia yang memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan asing datang ke kota itu.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh amat beragama yang ada di Singkawang untuk meningkatkan kerukunan dan kerja sama dalam mengatasi berbagai masalah sosial di daerahnya," kata Lukman, seperti yang dikutip dari Antara.


Lukman lanjut menuturkan, kerukunan dan kebersamaan masyarakat maka akan menjadi sumber kekuatan Tanah Air.

"Saya ingin mengingatkan kepada semua untuk mengamalkan pemahaman bahwa budaya dan tradisi kita yang sangat beragam merupakan warisan leluhur yang sangat penting untuk dipertahankan dan terus dilestarikan, seperti pada perayaan Cap Go Meh di Singkawang ini," ujar Lukman.

Di tempat yang sama, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak, terutama Kementerian Pariwisata, yang telah membantu mempromosikan Perayaan Cap Go Meh sebagai agenda wisata di Singkawang.

"Terselenggaranya kegiatan ini menjadi bukti bahwa multikulturalisme Kota Singkawang selalu terjaga dengan baik. Untuk itu saya minta kepada seluruh masyarakat Singkawang agar bisa mempertahankannya untuk kemajuan daerah ini," kata Tjhai.

Tjhai lanjut mengatakan, kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang tahun ini akan memecahkan empat rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), yakni: lampion terbanyak, gerbang Cap Go Meh terbesar, Tatung terbanyak, dan replika naga terbanyak.

Perayaan Cap Go Meh di Singkawang juga dimeriahkan oleh Pawai Tatung. Tercatat, ada sebanyak 1.129 orang Tatung yang mendaftarkan diri dan menjadi rekor bagi MURI.

(ard)