Gantikan Bailey, Riccardo Tisci 'Berlabuh' di Burberry

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 02/03/2018 19:45 WIB
Gantikan Bailey, Riccardo Tisci 'Berlabuh' di Burberry Burberry telah mengumumkan Riccardo Tisci sebagai direktur kreatifnya yang baru untuk menggantikan Christopher Bailey. (Jamie McCarthy/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Burberry telah mengumumkan Riccardo Tisci sebagai direktur kreatifnya yang baru untuk menggantikan Christopher Bailey.

Burberry menilai, Tisci merupakan perancang busana yang ideal bagi posisi tersebut saat ini.

"Riccardo adalah salah satu desainer paling bertalenta di masa ini. Rancangannya memiliki desain yang elegans kontemporer," ucap direktur eksekutif Burberry Marco Gobbetti dikutip Business of Fashion, Kamis (1/3).



Gobbetti juga menilai bahwa rancangan Tisci yang memadukan high fashion dengan streetwear sangat sesuai dengan selera pasar saat ini. Gobbetti yakin, visi kreatif Riccardo nantinya akan semakin menguatkan ambisi-ambisi yang dimiliki Burberry.

Tisci sendiri sebelumnya telah mengungkapkan antusiasmenya untuk bekerja bersama Burberry dan Gobbetti. Sebelumnya, Tisci dan Gobbetti memang sempat bekerja sama di Givenchy pada pertengahan 2000-an.

"Saya merasa terhormat dan senang untuk bisa bergabung bersama Burberry, dan dipersatukan kembali bersama Marco Gobbetti," kata Tisci.

Kabar ini sempat mengejutkan publik. Pasalnya, setelah Bailey mengumumkan pengunduran dirinya pada Oktober 2017 kemarin, banyak orang memperkirakan bahwa posisi ini akan diganti oleh Phoebe Philo, seperti yang dilaporkan di Harpers Bazaar.

Namun ternyata, perancang gaun pernikahan Kim Kardashian inilah yang mengambil posisi tersebut. Melihat karya-karya rancangannya, Tisci diprediksi akan dapat membawa label tersebut keluar zona nyamannya.

Christopher BaileyChristopher Bailey (Foto: Paul Hackett)

Membandingkan Bailey dengan Tisci

Selama 17 tahun Bailey sudah memimpin departemen kreatif Burberry. Dia dianggap berhasil menghidupkan label tersebut lewat rancangan-rancangan versi modern dari busana klasik Inggris.

Bailey juga merupakan orang yang merubah reputasi Burberry di pasar dan memposisikannya kembali sebagai label mewah.

Di sisi lain, Tisci terkenal atas rancangan-rancangannya yang bersifat subversif dan eksperimentatif. Sempat bermain dengan fluiditas jender, street wear mewah dan busana goth, Tisci memiliki visi yang lebih progresif dan berani dibandingkan perancang busana pada umumnya.


Selebriti penggemar Tisci diantaranya adalah Kim Kardashian, Rooney Mara, Rihanna, Jay-Z dan Beyonce, selebriti dengan jumlah penggemar berusia muda yang banyak. Selama bekerja dengan Givenchy, Tisci berhasil membuat para remaja mengimitasi idola mereka dan memburu sweater Bambi Givenchy.

Rancangan karpet merah Tisci juga digemari oleh banyak selebriti seperti Cate Blanchett, Jessica Chastain dan Rooney Mara. Diprediksi, Tisci akan dapat membuat koleksi-koleksi Burberry lebih sering terlihat di atas karpet merah.

Mulai 12 Maret 2018 nanti, Tisci akan mengarahkan semua koleksi-koleksi Burberry dari London. Koleksi pertamanya akan diperagakan pada September 2018 nanti. (ast/chs)