8 Tren Kebugaran yang Bakal Populer di 2018

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Rabu, 07/03/2018 17:34 WIB
8 Tren Kebugaran yang Bakal Populer di 2018 Meditasi, stretching hingga olahraga di rumah lewat panduan video online diprediksi bakal menjadi tren fitness atau kebugaran di 2018. (Foto: sapphire_penguin/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dari waktu ke waktu, tren fitness atau kebugaran selalu berganti. Para penggiat fitness tidak akan bisa melepaskan era 1980-an dengan Richard Simmons, misalnya. Begitu pula dengan kelas-kelas olahraga unik The Marvelous Mrs. Maisel yang khas di tahun 1950-an.

Sementara di awal 2000-an, dunia fitness ramai dengan naik dan turunnya popularitas yoga. Lalu apa yang bakal menjadi tren di tahun ini? Berikut adalah beberapa prediksi tren fitness yang akan muncul pada tahun 2018:

1. Meditasi


Menurut Co-Founder Lyons Den Power Yoga Bethany Lyons, olahraga-olahraga fitness yang berfokus pada penenangan pikiran akan naik popularitas pada tahun ini. Beberapa diantaranya adalah mediatasi, yoga dan latihan pernapasan.


2. Stretching

Sebelumnya, tren fitness yang muncul di tahun 2017 adalah olahraga-olahraga pendinginan restoratif. Namun tahun ini olahraga stretching akan semakin diminati, melihat banyaknya studio-studio kecil yang fokus kepada pendinginan dan stretching dibuka di Amerika.

3. Fitness fungsional

Hasil survei American College of Sports Medicine pada awal tahun 2018 ini menyebutkan, fitness fungsional merupakan salah satu tren utama pada tahun ini. Fitness fungsional ini meliputi bentuk-bentuk latihan yang mengimitasi gerakan-gerakan sehari-hari. Jadi, fitness jenis ini berfokus pada membangun kekuatan, keseimbangan, koordinasi, dan ketahanan yang lebih lama. Tidak seperti bentuk-bentuk latihan lainnya yang hanya berfokus meningkatkan penampilan, fitness fungsional juga memerhatikan hal-hal yang bisa dikembangkan dari kemampuan tubuh.

4. Kemajuan digital

Hasil survei yang sama juga menyebutkan bahwa popularitas industri teknologi olahraga yang bisa dipakai akan semakin meningkat tahun ini. Alat-alat teknologi ini diantaranya alat tracking aktivitas, jam tangan pintar (smart watch), dan kacamata pintar (smart glasses).


5. Angkat berat

Menurut data yang dihimpun ClassPass, pelatihan kekuatan merupakan jenis latihan yang paling populer di tahun 2017, dan akan terus berlanjut di tahun ini. Salah satu jenis olahraga pelatihan kekuatan yang paling diminati merupakan angkat berat, terutama bagi penggiat fitness perempuan.

6. Studio high-tech

Studio fitness butik yang berfokus pada satu jenis latihan tertentu sempat diminati begitu banyak orang dalam beberapa tahun lalu. Walau begitu, studio-studio inkubator terspesialisasi akan mulai naik daun tahun ini.

Jenis studio ini akan memberikan kesempatan bagi penggiat fitness untuk mengambil beberapa jenis kelas fitness tertentu di satu tempat. Beberapa studio high-tech model ini tengah dikembangkan oleh Equinox dan SoulAnnex.

7. Olahraga tinju

Olahraga tinju disebut akan menggantikan tren sepeda statis. "[Tinju] adalah bentuk olahraga kardio yang lebih ringan dan bentuk istirahat dari latihan-latihan yang berfokus pada badan bagian bawah," ucap Founder Mile High Run Club, Debora Warner seperti dikutip dari Refinery 29. 


8. Olahraga di rumah lewat layar kaca

Baik alat treadmill dengan fitur layar televisi hingga latihan-latihan fitness dari Youtube, berolahraga di rumah lewat layar juga akan menjadi tren yang diikuti banyak orang tahun ini.

"Hal yang hebat mengenai penayangan langsung adalah bahwa tiap orang di dunia bisa merasa bahwa mereka sedang menjadi bagian kelas fitness yang ada," kata Direktur Training dari Tone House Alonzo Wilson. (ast/rah)


BACA JUGA