'Rumus' Membeli Tiket Pesawat Murah

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 08/03/2018 19:01 WIB
'Rumus' Membeli Tiket Pesawat Murah Ilustrasi. (Thinkstock/Bet_Noire)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memesan tiket penerbangan dari jauh hari menjadi nasihat yang paling sering didengar oleh calon pelancong.

Sebenarnya ada cara yang lebih spesifik untuk mendapatkan tiket murah, yakni memesannya pada enam bulan sebelum keberangkatan.

Pernyataan tersebut diutarakan oleh situs pemesanan akomodasi yang berbasis di Inggris, Opodo. Mereka menghimpun data dari tren membeli tiket para pengunjung situsnya sepanjang tahun lalu.


Tak hanya harga yang bisa lebih murah sebesar 48 persen, memesan tiket enam bulan sebelum keberangkatan juga bakal disertai dengan banyak penawaran menarik.

Bagi yang merasa jangka waktu tersebut terlalu lama, maka Opodo menyarankan agar memesan tiket penerbangan maksimal delapan hari sampai 14 hari sebelum keberangkatan.

Harga tiket dalam jangka waktu tersebut memang tak semurah jika membeli enam bulan sebelumnya. Namun, harganya masih cukup terjangkau.

Opodo lanjut mengatakan bahwa Januari adalah bulan termurah untuk memesan tiket penerbangan jarak jauh.

Kalau pertimbangannya adalah hari, maka Minggu adalah hari yang pas untuk memesan tiket domestik.

Sementara Selasa ialah hari yang tepat untuk memesan tiket penerbangan jarak jauh.

Jadi, bagi yang ingin berwisata ke luar negeri di bulan September sampai Desember, mungkin bisa memesan tiket penerbangan dari bulan ini.

Jika beruntung, bisa sekaligus menikmati beragam festival musim gugur di Eropa.

Sebelum memesannya, ketahui juga agenda nasional yang bakal berlangsung di negara tujuan.

Jangan sampai terjebak kerumunan turis saat berada di sana, karena harga akomodasi seperti hotel dan restoran juga bakal lebih mahal.

(ard)