Langkah Mudah Atasi Selulit Secara Alami

Cnn Student, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 01:26 WIB
Langkah Mudah Atasi Selulit Secara Alami Selulit bisa diatasi dengan berbagai cara alami. (Foto: Thinkstock/thepoo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak perempuan merasa tidak percaya diri dengan penampilan tubuhnya akibat memiliki selulit. Padahal, mayoritas perempuan, baik mereka yang tergolong kurus atau gemuk, bisa memiliki selulit. Bahkan tak hanya perempuan, laki-laki pun bisa memiliki selulit.

Selulit atau hypolipodystrophy terjadi karena sel-sel lemak menumpuk secara tidak merata di beberapa bagian tubuh tertentu, seperti pinggang, paha dan pantat. Bagian-bagian tubuh ini biasanya merupakan tempat penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Hormon estrogen juga memiliki peran penting dalam pembentukan selulit. Oleh karenanya, selulit biasanya lebih sering dimiliki perempuan.


Dilansir dari Daily Mail, sebenarnya banyak cara yang sehat untuk menghilangkan selulit di bagian-bagian tubuh tertentu. Berikut adalah beberapa tips dari ahli nutrisi medis Sarah Brewer untuk mengatasinya.

Konsumsi Makanan Sehat

Brewer merekomendasikan makanan yang tidak diproses terlalu lama dan memiliki tingkat lemak dan indeks glikemik yang rendah. Hal ini akan membantu mengurangi sekresi insulin, hormon utama yang memicu penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Pasta, roti gandum dan nasi merah bisa jadi alternatif karbohidrat rendah yang lebih baik dibandingkan nasi putih. Selain itu, makanan manis dan bergula juga lebih baik dihindari.

Walau tidak berpengaruh langsung terhadap selulit, konsumsi garam sebaiknya dibatasi. Selain itu, pemanis buatan juga lebih baik dihindari karena dianggap sebagai pemicu timbulnya selulit.

Ikan dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dibandingkan daging ayam dan sapi. Ikan yang kaya akan omega 3 memiliki efek penting untuk sirkulasi dan kelenturan membran sel. Brewer juga mengatakan sumber protein hewani mengandung mengandung hormon-hormon yang bisa memicu pembentukan selulit.

Sayuran hijau dan buah-buahan tentunya penting bagi mereka yang ingin sehat dan menghilangkan selulit. Sayuran hijau yang mentah kaya akan serat, antioksidan dan enzim yang bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Jika suka salad, coba gunakan minyak-minyak sehat seperti minyak biji rami, minyak labu, minyak kenari atau minyak zaitun sebagai campuran saus salad. Untuk kondisi tubuh yang lebih sehat, perbanyak minum teh herbal, air putih, dan jus buah tanpa tambahan gula.


Rajin Merawat Diri dan Rutin Berolahraga


Cleopatra dan Ratu Sheba dikatakan sering menggunakan garam mineral dari Laut Mati sebagai bahan perawatan kecantikan. Untuk membantu mengurangi tampilan selulit, pijat dan gosok-gosokkan garam di bagian-bagian tubuh dengan selulit untuk menstimulasi sirkulasi dan mengeksfoliasi kulit.

Brewer juga menyebut penurunan berat badan yang terjadi perlahan-lahan juga merupakan cara yang paling baik untuk menghilangkan selulit. Dibarengi dengan olahraga yang rutin seperti bersepeda, aerobik, lari atau berenang selama 30 menit tiap hari juga baik untuk mendapatkan tubuh yang lebih langsing dan mulus.

Jika gaya hidup sehat tersebut sudah dapat diubah, maka dengan mudah tubuh impian pun segera dimiliki. (aps/arh)


BACA JUGA