Bromelain, Si 'Biang Kerok' Lidah Terbakar Saat Makan Nanas

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 12/03/2018 13:52 WIB
Bromelain, Si 'Biang Kerok' Lidah Terbakar Saat Makan Nanas Nanas mengandung enzim yang bisa menghilangkan protein di lidah (olgakr/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suka makan nanas? Jika iya, Anda pasti tahu bagaimana rasanya lidah terbakar akibat nanas yang kebanyakan.

Awalnya nanas awalnya memang manis adan segar. Namun lama-kelamaan, rasa manis dan segar ini tergantikan dengan rasa tak nyaman di lidah, terasa menebal, dan sakit seperti terbakar.

Kalau sudah begini, lidah pun jadi tak bisa merasakan apapun dan tak nyaman berhari-hari.


Apa sih yang menyebabkan lidah jadi terbakar setelah banyak makan nanas?

Rasa seperti terbakar ini disebabkan oleh enzim bromelain pada nanas.

Dikutip dari Daily Mail, saat makan nanas, enzim ini mencerna jaringan protein pada lidah. Jaringan protein ini lazim disebut mukus pelindung yang melapisi mulut. Makan nanas membuat mukus pelindung hilang dan lidah jadi lebih sensitif.

Berdasarkan penelitian di University of Melbourne, dikutip Livestrong, nanas adalah sumber alami enzim tersebut. Kebanyakan enzim tersebut berada di jaringan stem nanas.

Nanas adalah satu-satunya buah yang mengandung bromelain. Enzim ini mampu mencerna protein dan memecah asam amino. Kandungan bromelain inilah yang membuat nanas kerap dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengempukkan daging sebelum diolah menjadi masakan.

Lalu, bagaimana cara melawan rasa tak nyaman pada lidah?

Sebelum menikmati nanas, sebaiknya rendam nanas dalam air garam. Air garam dapat membantu mengurasi sensasi 'terbakar' yang ditimbulkan bromelain.

Para ahli belum dapat membuktikan hal ini secara ilmiah, tetapi para koki dalam sebuah forum meyakini trik ini membuat nanas lebih mudah dikonsumsi.

Trik lain yang bisa dicoba ialah memadukan nanas dengan yogurt atau es krim. Yoghurt atau es krim memberikan opsi sumber protein lain bagi bromelain. Jadi bromelain tidak mencerna mukus pelindung pada mulut.

Mengutip Pop Sugar, cara lain untuk meminimalisir efek terbakar pada lidah adalah dengan memotong bagian tengah nanas (bagian kerasnya) sebelum disantap.

Jika tetap ada sensasi 'terbakar' pada lidah, orang sebenarnya tak perlu khawatir. Hal ini tak akan menimbulkan kerusakan sel secara permanen. Tubuh punya mekanisme perbaikan sel yang rusak. (chs/chs)