Manfaat Kuning Telur untuk Rambut Berkilau

Aprilia Safitri, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 10:51 WIB
Manfaat Kuning Telur untuk Rambut Berkilau Tak hanya bermanfaat bagi tubuh, ternyata kuning telur juga memiliki banyak manfaat untuk rambut. (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain putih telur yang memiliki banyak manfaat untuk rambut dan tubuh, ternyata kuning telur juga memiliki manfaat untuk rambut. Kuning telur memiliki nutrisi dan protein yang banyak seperti biotin, folat, vitamin A, D, E, K.

Nutrisi alami yang terdapat di dalam kuning telur adalah nutrisi yang sama yang terdapat di rambut yang sehat dan berkilau. Banyak orang menggunakan kuning telur untuk merawat rambut rontok, rambut patah dan untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Pola makan yang buruk, perawatan menggunakan bahan kimia yang berlebihan, stress dan terlalu sering menggunakan alat styling rambut dapat membuat nutrisi rambut hilang. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat yang di dapat dari kuning telur.


1. Kuning telur bantu kurangi rambut rontok

Kuning telur yang kaya akan vitamin dapat membuat rambut lebih tahan terhadap kerusakan, karena kuning telur berguna untuk melembutkan rambut yang terlihat kering. Peneliti menemukan bahwa kombinasi vitamin yang terdapat di kuning telur seperti Vitamin A, E, biotin dan folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan rambut sehat.


2. Kuning telur bantu percepat pertumbuhan rambut

Mengaplikasikan kuning telur ke akar rambut merupakan cara yang efektif agar vitamin langsung meresap masuk. Dengan cara ini, rambut akan tumbuh lebih kuat dan tidak rentan terhadap kerusakan, sehingga rambut akan terlihat lebih lebat.

Cara menggunakan kuning telur untuk rambut:

1. Masker rambut

Campurkan kuning telur dan minyak zaitun ke dalam mangkuk dan aduk hingga merata. Dengan menggunakan sarung tangan, aplikasikan adonan tersebut ke akar rambut. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan air dingin.

2. Diet

Kuning telur dapat dikonsumsi sebagai bagian dari makanan diet sehat sekaligus untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat. Mengonsumsi telur di pagi hari dapat memperbaiki nutrisi tubuh, sebab telur mengandung protein dan folat. Dengan rajin merawat tubuh dan rutin mengonsumsi kuning telur, maka secara tidak langsung rambut pun akan terlihat lebih sehat berkilau.


3. Konsumsi suplemen

Beberapa suplemen yang dijual di pasaran merupakan versi praktis dari protein kuning telur. Suplemen boleh dikonsumsi apabila nutrisi yang di dapat dari kuning telur dirasa masih kurang. Namun, secara keseluruhan suplemen tidak bekerja maksimal dibandingkan dengan mengonsumsi telur secara langsung.

Efek samping

Menggunakan kuning telur untuk rambut merupakan perawatan berisiko rendah. Namun, jika memiliki alergi terhadap telur, sebaiknya tidak menggunakannya. Kuning telur merupakan makanan yang tinggi kolestrol, sehingga disarankan agar tidak terlalu mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Sebab, mengonsumsi telur terlalu banyak dapat berisiko terkena penyakit jantung. (rah/rah)


BACA JUGA