7 Trik 'Pompa' Gairah Seks Setelah Punya Anak

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 13/03/2018 00:54 WIB
7 Trik 'Pompa' Gairah Seks Setelah Punya Anak Ilustrasi Keintiman Pascapersalinan ( Thinkstock/Vadimguzhva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak jarang para suami mengeluh soal 'ranjang' yang tak lagi asyik setelah memiliki anak. Para istri pun merasa tak lagi bergairah karena tenaga yang tercurah untuk anak.

Kaum hawa tak perlu khawatir berlebihan. Sebab, turunnya libido pascakehamilan dan melahirkan adalah hal yang wajar.

Dikutip dari Her Solution, ada beberapa alasan dibalik menurunnya libido. Antara lain, perubahan pola tidur, perubahan hormon, apalagi selama masa menyusui, rendahnya kepercayaan diri karena perubahan tubuh pasca-melahirkan, dan baby blues atau masalah kesehatan mental pasca-persalinan (post partum depression) yang dialami ibu baru.



Meski wajar, bukan berarti hal ini boleh dibiarkan. Seks adalah cara pasangan untuk bisa intim satu sama lain. Ada beberapa trik yang bisa dicoba demi menggenjot kembali gairah seks yang menurun itu.

1. Istirahat cukup

Memiliki bayi menuntut orang tua untuk terjaga saat malam dan ibu rawan mengalami kurang tidur. Para suami mestinya dapat mengambil alih beberapa tugas agar isterinya bisa istirahat.

Sebab, jangan harap ada sesi ranjang yang menggairahkan jika sang perempuan kurang tidur. 

Ibu juga bisa mengambil waktu tidur saat sang anak tertidur. Tak perlu ambil pusing soal kamar atau rumah yang berantakan. Manfaatkan waktu untuk istirahat agar tenaga pulih dan siap untuk pekerjaan berikutnya.

2. Jujur dengan pasangan

Meski dianggap tabu, sebaiknya wanita jujur dengan pasangan soal apa yang dia rasakan terlebih kala merasa gairah seksnya menurun.

Dilansir dari Live Strong, wanita harus ingat bahwa pasangannya juga orang tua baru sehingga besar kemungkinan ia juga mengalami konflik emosional. Diskusi ini juga bisa menjadi sarana untuk menemukan solusi persoalan ini.


3. Perhatikan diri sendiri

Persaoalan kepercayaan diri mau tak mau juga mengendorkan gairah seks pada wanita. Tak ayal, perubahan bentuk pada tubuh membuat mereka kurang percaya diri di ranjang.

Menurut konselor Ian Kerner, saat wanita melihat dirinya tak menarik, para pria justru menemukan istri mereka semakin seksi setelah memiliki anak.

"Ibu perlu mengambil langkah untuk meraih kembali gairah seksual mereka. Mengenakan lingerie baru, beli baju, pergi jalan-jalan. Tanya pada diri sendiri, apa yang sekiranya bisa membuat Anda merasa seksi? Spa? Manikur? Pergi ke gym? Ini bukan tanggung jawab pria. Anda yang perlu," ujarnya dikutip dari Baby Center.

4. Olahraga dan olahraga

Olahraga rupanya bisa menaikkan gairah seks. Para ibu yang melahirkan secara normal tanpa komplikasi apapun bisa melakukan olah raga ringan sekitar enam minggu pascamelahirkan. Dikutip dari Her Solution, olahraga dapat memompa darah dan detak jantung yang bisa membantu wanita meraih kembali gairah seksnya.

5. 'Choreplay', foreplay gaya baru

Siapa bilang foreplay hanya soal sentuhan atau kata-kata 'nakal'? Ian menyarankan pria untuk melakukan 'choreplay'. Jika ingin menyediakan waktu intim berdua maka segala pekerjaan rumah harus beres tepat waktu.

Artinya, pria tak boleh diam diri begitu saja saat pasangan sibuk mencuci baju anak atau membersihkan rumah. Kerjakan bersama sehingga lebih cepat bisa berduaan.

6. Fokus saat berdua

Keintiman layak dijadikan prioritas. Jika sudah jadi prioritas, maka sebisa mungkin singkirkan hal-hal yang bisa mengalihkan fokus saat berdua. Matikan televisi, jauhkan diri dari komputer jinjing dan sebisa mungkin jauhkan ponsel dari jangkauan tangan.

7. Intim tanpa seks

Tak perlu memaksakan diri jika memang belum siap dengan seks setelah memiliki anak. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk intim bersama pasangan tanpa seks.

Ciuman, berpelukan sebelum tidur, saling memijat, atau mengungkapkan kata-kata manis juga bisa meningkatkan keintiman. Gestur sekecil apapun juga bisa mengubah suasana. (chs/arh)