8 Saran bagi Turis yang Pertama Kali Datang ke India

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 16:25 WIB
8 Saran bagi Turis yang Pertama Kali Datang ke India Suasana seru Festival Holi di India. (REUTERS/Adnan Abidi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi turis yang menyukai seni budaya, fotografi, dan kuliner, India bisa jadi salah satu destinasi wisata yang didatangi.

India merupakan negara terluas ke-tujuh di dunia dan negara terpadat ke-dua di dunia. Sepanjang tahun lalu, India telah dikunjungi oleh 10,18 juta turis mancanegara.

Sebelum mengalami gegar budaya, berikut ini ialah tips berkunjung ke India bagi turis yang baru pertama kali datang ke sana:


1. Hindari kelelahan

Turis yang baru pertama kali datang ke India pasti langsung berencana berkeliling ke berbagai sudutnya. Hindari hal ini dengan membuat rangkaian perjalanan yang pasti per hari, sehingga tubuh tidak mudah kelelahan.

Nasihat ini sama dengan istilah yang populer di India, "India tak ke mana-mana, Anda bisa datang kembali kapan saja."

2. Kunjungi desa

Apalah arti datang ke kawasan baru, jika hanya mengunjungi pusat kotanya? Saat datang ke India, buatlah rencana perjalanan menyusuri desa-desa kecilnya, seperti ke Kerala.

Selain berpemandangan lebih indah, di kawasan desa juga penduduknya masih terbilang tidak komersil dalam melihat turis.

[Gambas:Instagram]

3. Perhatikan perut

Penyakit diare paling sering diderita turis yang datang ke India. Bagi yang merasa perutnya tak tahan kuman, sebaiknya jangan makan jajanan kaki lima dengan porsi yang terlalu banyak.

Utamakan juga makan makanan yang direbus, digoreng, atau dalam kemasan tertutup.

4. Ruang pribadi

Beda negara, beda pula cara penduduk lokal memandang ruang pribadi. Mungkin di Amerika atau Eropa tak akan banyak orang yang bertanya kita datang dari mana. Tapi di India, sebagian besar orang pasti bertanya demikian, belum lagi yang memandangi dari ujung kaki sampai ujung rambut.

Begitu juga di ruang publik dan trasnportasi umum. Jangan ragu berdesakan dengan mereka, hanya saja kita harus tetap waspada dengan barang berharga yang dibawa.

5. Pakaian sopan

Masih merupakan negara Asia, turis diminta tetap berpakaian sopan di India. Bagi turis wanita, tak mengenakan baju terlalu ketat atau terlalu terbuka bisa membuat diri lebih merasa nyaman.

Saat mengunjungi tempat sakral, segera buka alas kaki.

6. Macet dan berisik

India terkenal dengan jalanannya yang ruwet, Jika ingin berangkat ke stasiun atau bandara, usahakan pergi dari awal agar tak terjebak kemacetan.

Selain polusi udara, India juga sarat akan polusi suara. Biasakan diri untuk mendengar hal-hal berisik di sini agar bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

[Gambas:Instagram]

7. Waspada

Turis paling sering menjadi objek penipuan dan kasus kriminal lainnya di India. Percayalah dengan insting, jika merasa suasana sudah tak enak, segera tinggalkan tempat yang dikunjungi.

Tolak dengan halus permintaan dari orang yang tak dikenal. Jika ia masih memaksa, ancam akan melaporkannya ke kantor polisi lalu tinggalkan dalam diam. Jangan mencoba untuk berdebat dengan mereka.

Bagi turis wanita, hindari pergi sendirian ke kawasan yang sepi dan diketahui rawan kejahatan saat malam hari.

8. Bayar uang tunai

Hindari menggunakan kartu kredit atau kartu debit saat di India, karena banyak kasus pencurian data yang terjadi.

Gunakan uang tunai dan berbelanjalah di toko besar. Jangan mencoba menawar harga jika tak berniat membeli barang tersebut, untuk menghindari penjual merasa tersinggung.

[Gambas:Instagram]
(ard)