Jadwal Tutup Bandara dan Tol di Bali Jelang 'Nyepi' 2018

ANTARA, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 17:22 WIB
Jadwal Tutup Bandara dan Tol di Bali Jelang 'Nyepi' 2018 Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat sebanyak 482 jadwal penerbangan domestik dan internasional tidak beroperasi karena bandara ditutup selama 24 jam untuk menghormati Hari Raya Nyepi pada Sabtu (17/3).

"Penutupan bandara sudah diketahui semua pelaku penerbangan di dunia. Kami juga sudah berkoordinasi secara intensif dengan maskapai," kata General Manajer Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di Denpasar, Rabu (14/3).

Aktivitas penerbangan tidak beroperasi selama 24 jam terhitung mulai Sabtu (17/3) pukul 06.00 WITA dan dibuka kembali Minggu (18/3) pukul 06.00 WITA.


Menurut Yanus, jadwal penerbangan berjadwal dan carter itu terdiri dari 244 penerbangan domestik dan 238 internasional dengan rute terbanyak tujuan Cengkareng Jakarta, Kuala Lumpur, Singapura, Perth dan Surabaya.

Angkasa Pura I bekerja sama dengan Airnav Indonesia Cabang Denpasar telah menerbitkan pemberitahuan terkait penutupan bandara terkait Nyepi kepada maskapai dan bandara di seluruh dunia melalui 'Notice to Airman' (Notam) nomor A-0117/18.

Penghentian sementara operasional penerbangan itu, lanjut Yanus, mengacu kepada Surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor AU/2696/DAU/223168/1796/99 tanggal 1 September 1999 tentang Pengoperasian Bandara Ngurah Rai Denpasar pada Hari Raya Nyepi.

"Maskapai penerbangan sudah menyesuaikan dan mengatur jadwalnya dengan periode penutupan bandara," ujar Yanus.

Meski ditutup 24 jam, pihak bandara akan tetap melayani penerbangan yang bersifat darurat, contohnya seperti evakuasi medis. Sebanyak 368 orang petugas bandara juga bakal disiagakan.

"Kami juga didukung oleh Airnav, Imigrasi, Bea Cukai, Kesehatan Pelabuhan, TNI AU Ngurah Rai, Polsek Kawasan Udara Ngurah Rai, maskapai dan 'ground handling'," pungkas Yanus.

Tol juga tutup

Tol Bali Mandara juga akan tutup sementara selama 32 jam, mulai Jumat (16/3) pukul 23.00 WITA dan dibuka kembali pada Minggu (18/3) pukul 07.00 WITA.

"Ini untuk menghormati perayaan hari besar keagamaan umat Hindu dan kami menghormati kearifan lokal," kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol Akhmad Tito Karim.

Dijelaskan Tito, penutupan akan dimulai serentak di tiga gerbang tol yakni di Benoa, Ngurah Rai dan Nusa Dua, termasuk menonaktifkan sistem di masing-masing gardu tol.

Saat ini tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas perairan itu memiliki 21 gardu, sebanyak sembilan unit untuk motor dan 12 untuk mobil.

Sama seperti Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Tol Bali Mandara tetap bisa digunakan untuk keadaan darurat saat Nyepi.

Jadwal pelabuhan

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, akan melakukan penutupan sementara selama 34 jam saat perayaan Hari Raya Nyepi.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar, Denny Nurdiana Putra mengatakan penutupan sementara pelabuhan berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, tentang Penutupan Sementara Pelabuhan Penyeberangan Lembar - Padangbai pada Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940.

"Penutupan sementara di Pelabuhan Lembar diberlakukan mulai 16 Maret 2018, pukul 19.30 WITA. Ini waktu pemberangkatan kapal terakhir menuju Pelabuhan Padangbai, Bali," katanya.

Untuk penutupan sementara di Pelabuhan Padangbai, kata dia, diberlakukan pada 17 Maret 2018, pukul 03.00 WITA.

Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Padangbai, akan kembali normal pada 18 Maret, pukul 09.00 WITA, sedangkan di Pelabuhan Lembar, pada pukul 04.30 WITA.

(ard)