10 Orang Terkenal Pengidap ALS Seperti Stephen Hawking

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 15/03/2018 00:27 WIB
10 Orang Terkenal Pengidap ALS Seperti Stephen Hawking Stephen Hawking (REUTERS/Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- Motor Neuron Disease (MND) atau Amytotrophic Lateral Sclerosis (ALS) merupakan penyakit yang diderita oleh Stephen Hawking sejak tahun 1963 atau saat usianya 21 tahun. Penyakit ini yang menyebabkan ahli fisika ini meninggal, pada Rabu (14/3).

ALS sendiri adalah gangguan neurologis progresif yang tak bisa disembuhkan dan bersifat degeneratif. Penyakit ini juga melumpuhkan neuron-neuron motorik yang memerintahkan otot-otot di tubuh untuk bekerja.

Orang-orang yang mengidap ALS biasanya meninggal beberapa tahun setelah didiagnosis. Asosiasi ALS menyebut bahwa lama hidup seseorang yang mengidap penyakit ini rata-rata hanya dua hingga lima tahun.


Sekitar 50 persen lebih bertahan hingga tahun ketiga. Sedangkan 20 persen lainnya bertahan hidup hingga tahun kelima dan kurang dari lima persen bertahan hidup hingga dua dekade.

Namun, mengutip berbagai sumber, bukan hanya Hawking yang mengidap penyakit ini. Ada beberapa orang terkenal yang menderita ALS dan akhirnya meninggal.

1. Mao Zedong
Seorang revolusioner Komunis China, pendiri Republik China, dan ketua Partai Komunis China. Serangan penyakit ALS ini membuat dia meninggal pada usia 83 tahun.

2. David Niven

Pria dengan nama lengkap James David Graham Niven merupakan seorang aktor dan novelis Inggris yang populer di Eropa dan Amerika Serikat. ALS yang dideritanya menyebabkan dia meninggal pada usia 73 tahun.

3. Henry A. Wallace

Henry A. Wallace adalah Wakil Presiden Amerika Serikat ke-33. Dia juga pernah maju dalam pencalonan pemilihan Presiden AS tahun 1948.

4. Lou Gehrig

Henry Louis "Lou" atau "Buster" Gehrig ini adalah seorang atlet baseball profesional Amerika, Ia bermain dalam 17 musim di Major League Baseball untuk New York Yankess dari tahun 1923 sampai 1939.

Pria yang lahir di Yorkville, New York ini meninggal pada usia 38 tahun karena serangan ALS. ALS bahkan juga disebut sebagai penyakit Lou Gehrig.

5. Dennis Day

Dennis Day merupakan penyanyi Amerika dan radio, bintang televisi dan film. Pria kelahiran New York ini meninggal pada usia 72 tahun.

6. Lane Smith

Aktor Amerika, Lane Smith meninggal pada usia 69 tahun. Beberapa perannya yang terkenal menggambarkan kolaborator pengusaha Nathan Bates di serial telebisi NBC V atau Walikota Bates dalam film Red Dawn.

7. Ingrid Hafner

Ingrid Hafner merupakan anak dari Roul Hafner, pelopor helikopter Austria dan Eileen Myra McAdam yang merupakan keturunan John Loundon McAdam. Perempaun kelahiran London, Inggris ini meninggal di usia 58 tahun.

8. Jon Stone

Seorang penulis Amerika, sutradara, dan produser. Karya terbesarnya adalah dikenal sebagai anggota kru film anak Sesame Street.

Dia dikenal sebagai pengembang karakter Cookie Monster, Oscar the Grouch, dan si burung kuning Big Bird. Dia meninggal pada 30 Maret 2017.

9. Wan Wei Yiong

Wan Wei Yiong adalah mantan Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia masa bakti 2009-2012. Dia meninggal pada (22/2).

10. Marc Harrison

Ia merupakan perancang industri dan perintis desain universal. Ia terkena cidera otak saat usia 11 tahun. Hal ini menyebabkan ia harus mempelajari kembali fungsi dasar seperti berjalan dan berbicara. Ia meninggal pada usia 62 tahun. (cel/chs)