Hari Tidur Sedunia

FOTO: Yang Tertidur dan Lelap di Sudut Kota

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 16/03/2018 11:50 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa orang tak kuasa menahan kantuk dan tertidur lelap di sela-sela menunggu keberangkatan pesawat, rehat bekerja dan saat duduk di dalam kereta.

Calon penumpang tertidur pulas sembari menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Banten. Kurangnya waktu tidur tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik dan mental jangka pendek dan panjang, tetapi dapat membebani ekonomi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pekerja tidur sebelum kafe di buka di Saigon, Vietnam. Tidur bukan sekedar memejamkan mata, tetapi kebutuhan dasar yang sama pentingnya dengan bernafas, makan dan olahraga. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pekerja tertidur di tempat cukur rambut kawasan Glodok, Jakarta. Hari Tidur Sedunia diperingati setiap Jumat terakhir sebelum matahari mencapai titik musim semi antara 19-20 Maret. Tahun ini Hari Tidur Sedunia jatuh pada 16 Maret. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pengemudi ojek tidur di atas motor di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Kurangnya jam tidur menjadi epidemi global. Kondisi terparah umumnya dialami warga kota-kota besar dunia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Warga memanfaatkan jalan yang tak berfungsi untuk tidur siang di kawasan Menteng, Jakarta. World Sleep Society dalam peringatan Hari Tidur Sedunia 2018 menyebutkan, 45 persen warga dunia punya masalah tidur. Sebanyak 35 persen penduduk bumi tak punya waktu tidur yang cukup 7-8 jam sehari untuk orang dewasa. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pekerja tidur di taman perkantoran kawasan Jendral Sudirman, Jakarta. Di Indonesia, banyak kecelakaan lalu lintas yang merenggut korban jiwa dipacu oleh pengemudi yang mengantuk. Meskipun belum ada penelitian, kondisi masyarakat yang mudah marah dan emosi juga bisa disebabkan kurang tidur. (CNNIndonesia/Safir Makki.)
Dua pedemo merebahkan tubuh tidur di Taman Monas, Jakarta. Tidur yang berkualitas memiliki pengaruh besar pada kualitas kesehatan fisik dan mental. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Dua pria lansia tertidur di pusat perbelanjaan Taipei, Taiwan. Tidur berkualitas adalah saat bangun tidur merasa segar, bukan pusing atau pegal. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Buruh memanfaatkan emperan toko sebagai lahan tidur di kawasan Duren Sawit, Jakarta. Kurang tidur meningkatkan nafsu makan dan sensitivitas terhadap rangsangan makan. Jangka panjang itu akan meningkatkan risiko obesitas, diabetes serta melemahnya sistem kekebalan tubuh. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Dua penumpang terlelap tidur di commuterline Jakarta. Beban hidup, ragam aktivitas hingga perkembangan teknologi membuat masyarakat modern kian lama terjaga. (CNNIndonesia/Safir Makki)