Hari Tidur Sedunia

Survei: 4 Hal Utama yang Buat Orang Susah Tidur

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 16/03/2018 14:52 WIB
Survei: 4 Hal Utama yang Buat Orang Susah Tidur Ada berbagai alasan mengapa tidur yang berkualitas sulit untuk tercapai salah satunya adalah karena khawatir akan berbagai hal (Thinkstock/grinvalds)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tubuh yang lelah perlu beristirahat, salah satunya dengan tidur. Namun tidak semua orang mampu memiliki waktu tidur yang berkualitas. Kenyataannya banyak orang ternyata malah mengalami masalah dengan tidur mereka.

Dalam survei yang dilakukan oleh Harris Poll dan Philips mengungkapkan bahwa sekitar 100 juta orang di seluruh dunia mengalami sleep apnea. Faktanya, berdasarkan pernyataan Philips yang diterima CNNIndonesia.com, 80 persen di antaranya tidak terdiagnosa mengalami sleep apnea.

Ada berbagai alasan mengapa tidur yang berkualitas sulit untuk tercapai. Survei tersebut mengungkapkan bahwa 58 persen orang sulit tidur dikarenakan memiliki rasa khawatir.



Sedangkan 26 persen mengalami sulit tidur karena terganggu dengan teknologi, misalnya karena smartphone. Hal ini terlihat di kasus kurang tidur di India. Mengutip News18, 19 persen orang dewasa di India juga menggunakan waktu tidur mereka untuk bekerja. Mereka merasa hal tersebut yang menjadi penghalang utama tidur mereka.

"Gangguan tidur merupakan masalah yang serius dari pada yang banyak orang mengerti. Terutama hal itu berhubungan dengan kondisi serius lainnya seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, stroke, dan yang lainnya," ungkap Kepala Sleep and Respiratory Care Philips, Harish R.

Selain masalah eksternal seperti khawatir dengan banyak hal, sulit tidur juga disebabkan karena masalah medis atau kesehatan. 

Survei tersebut juga menyebutkan bahwa beberapa masalah seperti insomnia dialami oleh 26 persen. Sedangkan 21 persen lainnya (1 dari 5 orang) mengalami masalah mendengkur. Dengkuran pasangan ini tak ayal membuat mereka jadi sulit tidur di malam hari. (cel/chs)