Jumlah Kunjungan Turis ke Puncak Turun 60 Persen

ANTARA, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 18:34 WIB
Jumlah Kunjungan Turis ke Puncak Turun 60 Persen Suasana sepi di kawasan Puncak pasca longsor terjadi. (CNN Indonesia/Andito Gilang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengelola tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, mencatat jumlah kunjungan turis masih belum mengalami peningkatan walau jalur Bogor-Puncak-Cipanas sudah kembali normal sejak beberapa pekan terakhir ini.

Koordinaor Ketertiban Kebersihan Keindahaan Objek Daerah Tujuan Wisata Cibodas (K3 ODTW), Adih Saputra mengatakan sejak ditutupnya jalur Bogor-Puncak akibat longsor pada awal Februari kemarin, jumlah kunjungan turis mengalami penuruan tajam.

"Mungkin wisatawan masih takut untuk melintas di jalur tersebut karena intensitas hujan yang cukup tinggi setiap hari masih terjadi di kawasan ini," kata Adih, di Puncak, seperti yang dilansir dari Antara pada Senin (19/3).


Meski aparat terkait sudah menjamin jalur Bogor hingga Cipanas layak untuk dilalui kendaraan, namun hal tersebut seakan belum menyakinkan turis untuk datang berkunjung.

Pelaksana gerbang Retribusi Cibodas, Asep Badru, mengatakan hal senada.

"Jumlah kunjungan turis turun 60 persen setelah bencana longsor terjadi. Biasanya Cibodas bisa dikunjungi 3.000 orang, tapi akhir pekan kemarin hanya 1.000 orang," ujar Asep.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor Budi Sulistyo mengatakan kalau setelah bencana longsor ditanggulangi, kawasannya sudah aman untuk didatangi, terutama yang berada dari Taman Wisata Gunung Mas hingga Puncak Pas.

"Mohon diinformasikan bahwa sebenarnya wisata Puncak aman, tidak semua akses ke tempat wisata ditutup dan rawan," kata Budi, seperti yang dilansir dari Antara.

Selain Bandung dan Bogor, Puncak menjadi destinasi wisata favorit turis, terutama yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

Tak hanya datang saat Sabtu atau Minggu, banyak juga warga ibu kota yang datang hanya untuk sekadar makan siang atau makan malam, karena kawasan tersebut sangat mudah dijangkau melalui akses tol.


(ard)