Makna di Balik 10 Posisi Tidur Bersama Pasangan

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 23:05 WIB
Makna di Balik 10 Posisi Tidur Bersama Pasangan Dari tidur berpelukan berhadapan, atau memeluk dari belakang tanpa jarak, setiap posisi tidur bersama pasangan ternyata memiliki makna tersendiri. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/Ondine32)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selayaknya malam ini semua orang tidur nyenyak dan berkualitas. Bagi yang telah menikah, tidur bersama pasangan akan menguatkan ikatan apalagi tidur sembari berpelukan atau cuddling.

Rupanya, posisi tidur bersama pasangan punya banyak jenis. Masing-masing posisi mengkomunikasikan hubungan seperti apa yang sedang dijalani pasangan. Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut 10 posisi tidur dan maknanya terhadap hubungan antarpasangan.

1. Spoon

Posisi spoon ialah posisi pria memeluk pasangannya dari belakang atau bisa saja disebut back hug tapi dalam posisi tidur. Dalam sebuah studi yang dilakukan psikolog Corrine Sweet, posisi ini kerap diadopsi pasangan. Posisi spoon seakan mengungkapkan satu partner yang mengambil posisi sebagai pelindung pasangannya.

"Ini adalah posisi yang menyenangkan secara seksual, tapi juga ingin mengatakan 'aku percaya kamu'," kata patti Wood, ahli bahasa tubuh sekaligus penulis dikutip dari Little Things.


2. Loose spoon

Posisi ini mirip dengan spoon tapi ada sedikit jarak antarpasangan. Loose spoon biasanya dilakukan oleh pasangan yang kerap mengadopsi posisi spoon tapi meningkatkan kualitas tidur dengan memberi jarak. Pasangan, menurut Paul Rosenblatt penulis 'Two in a Bed: The Social System of Couple Bed Sharing', mulai dewasa dengan hubungan mereka dan memberikan ruang tanpa meninggalkan satu sama lain.

3. Chase

Posisi ini mirip dengan spoon, tapi ada kesan 'mengejar' dari posisi chase. Salah satu berada di ujung kasur dan pasangannya seolah 'mengejar' dengan posisi mendesak ke satu sisi tempat tidur. Posisi chase bisa memberikan dua makna yakni, satu orang memang ingin dikejar atau berlagak sulit untuk didapat.

4. Tangle

Tangle merupakan posisi yang lebih jarang diadopsi daripada spoon. Pasangan mengambil posisi berpelukan dengan tubuh berhadapan. Ini terjadi kala emosi pasangan intens setelah berhubungan intim atau mulai sesi 'ranjang'. Jika dilihat, posisi ini baik untuk pasangan tetapi nyatanya tidak demikian. Menurut Elizabeth Flynn Campbell, psikoterapis dari New York, pasangan begitu terikat atau sangat bergantung satu sama lain.


5. Unraveling knot

Posisi unraveling knot adalah posisi yang dimulai dari saling berpelukan erat berhadapan (tangle) kemudian pasangan memisahkan diri. Posisi ini justru menandakan hubungan yang lebih kuat daripada tangle. Dua kata yang menggambarkan posisi unraveling knot ialah keintiman dan kemandirian.

6. Liberty lovers

Tidur saling memunggungi? Ini bukan hal buruk. Dari studi Corrine Sweet, pasangan yang tidur dengan posisi liberty lovers yang tanpa sentuhan malah terkoneksi dan merasa aman dengan diri mereka. Posisi ini menunjukkan kedekatan tapi masih memberikan pasangan keleluasaan.

7. Back kisser

Back kisser mirip dengan liberty lovers, hanya saja bokong pasangan bersentuhan satu sama lain. Corrine berkata back kisser menandakan kedua pasangan merasa nyaman. Posisi ini juga umum diadopsi pasangan baru atau mereka yang telah bersama selama kurang dari setahun.

8. Nuzzle

Posisi nuzzle kerap jadi bagian dari adegan drama Korea. Pemeran wanita tidur dalam pelukan pemeran pria dengan posisi kepala berada di dada pemeran pria. Posisi nuzzle memiliki kesan perlindungan. Shirley Glass, psikolog dan terapis memberikan catatan ada rasa percaya yang tinggi pada pasangan. Di sini digambarkan pria yang ambil komando dan menjadi pelindung pasangannya.


9. Leg hug

Posisi ini bisa dibilang aneh karena orang 'memeluk' pasangannya dengan kaki. Jadi kedua kaki saling bertaut. Menurut Patti Wood, orang yang bermain kaki dengan kaki pasangannya menandakan ia ingin ada koneksi secara emosional atau seksual. Kaki yang bertaut menandakan kedua pasangan merasa kurang terkoneksi satu sama lain walau tidur di kasur yang sama.

"Ini berarti hidup anda terikat sebagai pasangan. Anda mungkin menyelesaikan tanggung jawab satu sama lain dan saling menjaga," katanya.

10. Space hog

Jika salah satu mengambil posisi layaknya bintang laut dan memakan tempat di kasur dan yang lain harus rela dengan porsi sempit, maka mereka cenderung egois. Saat merasa pasangan melakukan hal ini sebaiknya mulai komunikasikan apa yang terjadi sesungguhnya.

"Satu partner mendominasi ruang, sementara yang lain mengambil peran kedua. Kebanyakan orang tak suka jadi yang kedua," kata Corrine.

Saat kepala pasangan sejajar artinya mereka seimbang. Akan lebih baik saat kepala bersentuhan. Menurut Patti ini jadi tanda mereka memikirkan dan tahu apa yang dipikirkan pasangan. Ia menambahkan orang yang tidur dengan posisi lebih dekat pada bagian kepala kasur merasa lebih dominan dan percaya diri. Sementara yang lebih dekat pada ujung kasur cenderung pesimis dan merasa harga dirinya lebih rendah. (rah)