Imajinasi 'My Little Pony' di Tangan 8 Desainer Indonesia

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Kamis, 22/03/2018 16:37 WIB
Imajinasi 'My Little Pony' di Tangan 8 Desainer Indonesia Delapan desainer Indonesia menciptakan kreasi busana untuk dewasa yang terinspirasi dari tokoh-tokokh My Little Pony. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di kalangan anak-anak, sosok My Little Pony bisa jadi sudah tak asing lagi. Tujuh ekor kuda warna-warni ini tersebut sudah dikenal sejak 1981. Namun, berkat kemunculannya di layar lebar, mereka pun kemudian naik daun bahkan di kalangan orang dewasa.

Hasbro sebagai owner My Little Pony pun menggaet 8 desainer dari 8 label untuk menciptakan kreasi yang terinspirasi dari tokoh-tokoh My Little Pony. Kedelapan label sekaligus desainer itu antara lain, Lenny Agustin, Oline Workrope, Ria Miranda, Bateeq, Chameo Couture, Origo by Phia, Miwa Yellow Line, dan Niluh Djelantik. Ini merupakan kali pertama Hasbro melakukan kolaborasi di Asia Tenggara.

Dikenal sebagai desainer sepatu asal bali, Niluh Djelantik mengadaptasi warna-warna kuda poni ke dalam warna sepatu kreasinya. Ia mendesain sepatu dengan warna agak kalem. Ia memiliki rencana untuk membuat capsule collection yang terdiri dari beragam model sepatu seperti ballet flats, model mini me alias ibu dan anak, oxford shoes, wadges serta wooden heels.



"Saya ingin menyesuaikan dengan label lain dan sepatu itu harus mengikuti baju, bukan baju mengikuti sepatu. Warna tidak semua empat warna, nanti ada yang dominan aqua atau dominan pink," kata Niluh pada CNNIndonesia.com di pop up store Plaza Indonesia, Rabu (21/3).

Kreasi warna-warni pun ditunjukkan oleh sederet label busana. Ria Miranda dengan labelnya Luna menghadirkan koleksi busana ibu dan anak. Koleksi kali ini merupakan edisi kedua hasil kolaborasinya dengan My Little Pony.

"Untuk volume satu lebih banyak kaos-kaos dengan print, rok tutu. Waktu itu belum pede karena warna-warna My Little Pony yang cerah, enggak biasa," kata Ria.

Imajinasi 'My Little Pony' di Tangan 8 Desainer IndonesiaKoleksi Ria Miranda. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

Koleksi kedua pun ditampilkan dalam Plaza Indonesia Fashion Week. Ria memamerkan 9 look dewasa dan 8 look anak-anak. Untuk look dewasa, Ria banyak menggunakan elemen-elemen warna My Little Pony. Warna-warna kuda Rainbowdash, Princess Celestia, Fluttershy, Pinkie Pie, Rarity, Twilight Sparkle, dan Applejack diaplikasikan dengan apik pada dress serta kerudung. Siluet busana pun tak muluk-muluk, Ria hanya bermain pada tumpukan bahan termasuk tule dengan detail ruffles.

Sedangkan untuk pakaian anak-anak, ia masih menyukai kreasi rok tutu berbahan tule, kaos, dan celana pendek. Warnanya pun lumayan lebih cerah daripada yang versi orang dewasa, ditambah print gambar My Little Pony yang lumayan besar.


Warna-warna berani ditunjukkan oleh kreasi milik Lenny Agustin. Desainer yang memang dikenal berani bermain warna ini seolah mendapat kawan kolaborasi yang pas. Warna-warna tokoh kuda diterjemahkan ke dalam busana yang colorful dan full print. Aneka dress, tunik plus legging tak lepas dari elemen pelangi. Lenny berani mengambil warna 'ngejreng' seperti shocking pink dan hijau muda.

Satu hal yang menarik perhatian ialah penggunaan detail berupa pom-pom mini pada legging maupun kaos kaki model menambah kesan cheerful.

Imajinasi 'My Little Pony' di Tangan 8 Desainer IndonesiaKoleksi Lenny Agustin. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

Berbeda dengan Lenny, Bateeq mengeluarkan koleksi dengan warna 'aman' tapi tetap eye chatcing dengan motif-motifnya. Mulai dari jaket, celana, dan dress semua memiliki sentuhan motif yang terinpirasi dari My Little Pony. Motif-motif seperti motif kuda, pelangi, serta bunga-bunga menggunakan elemen warna tokoh animasi ini tetapi diterjemahkan dalam gradasi yang lebih kalem.

Penempatan motif pun tak serta merta memenuhi seruh busana, tetapi ditempatkan pada bagian busana tertentu seperti pada bagiain tengah atau membentuk garis pada kaki.

Sementara itu, Miwa Yellow Line menghadirkan aneka scraf dengan warna dan motif tokoh-tokoh My Little Pony. Label ini benar memberikan gambar kuda sesuai dengan karakter asli. Bahkan, terdapat beberapa scraf yang dibubuhi balon kata.

Imajinasi 'My Little Pony' di Tangan 8 Desainer IndonesiaKoleksi Miwa. (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)


Tak hanya busana, kreasi ala My Little Pony juga hadir dalam bentuk aksesori seperti kalung dan tas. Label Chameo Couture memamerkan kreasi tas anyam dengan warna-wanir khas animasi ini. Creative director Chameo Couture, Lim Masulim sekaligus mewakili seluruh desainer menuturkan kolaborasi desain dengan tema 'friendship' pas dilakukan di Indonesia.

"Ini bisa dilihat dari warna-warna yang dipilih, warna yang open, playful, ingin mengangkat imajinasi yang provokatif. Desain-desain pun sangat friendly saat dipakai," ujarnya. (rah/rah)