FOTO: 'Kelir', Koleksi Busana yang Terinspirasi Wayang Kulit

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 23/03/2018 11:56 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bermain warna terang dan gelap, Bateeq mengeluarkan koleksi terbarunya untuk Fall Winter 2018/2019 yang terinspirasi dari Wayang Kulit, bertajuk 'Kelir'.

Terinspirasi dari pertunjukan tradisional Wayang Kulit, Bateeq bermain-main dengan warna terang dan gelap untuk koleksi terbarunya Fall Winter 2018/2019. Aneka motif batik, sulaman dan permainan tekstur ditampilkan pada Plaza Indonesia Fashion Week 2018 di Jakarta, Kamis (22/3). (CNNIndonesia/Safir Makki)
Michelle Tjokrosaputro, direktur kreatif Bateeq mengusung koleksi terbarunya itu dengan tajuk 'Kelir', atau yang berarti warna. Permainan warna terang dan gelap disebutkan terinspirasi dari permainan bayangan yang muncul dalam pertunjukan Wayang Kulit. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Efek shadow (bayangan) diwujudkan sedemikian rupa dalam permainan warna, terutama hitam-putih. Selain ada juga koleksi busana yang bermain-main dengan aneka motif, sulaman dan tekstur. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Seperti halnya pertunjukan Wayang Kulit yang mengusung pesan lewat karakter Arjuna atau Awan dan Pohon-pohon, koleksi busana Bateeq kali ini memberi ruang lepas untuk menghadirkannya lewat permainan motif di beberapa potongan busana. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pola batik mega mendung, kawung dan parang seolah merepresentasikan Awan dan atau Pohon, yang mewakili alam. Meski sekilas tampak potongan sederhana, ada detil kuat jika dilihat dari dekat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Untuk koleksi ini, Bateeq menggunakan teknik potong laser cut-out untuk memberi efek shadow. Di samping itu, beberapa busana menggunakan tiga jenis jacquard yang dibuat dari wool cupro, katun dan polyester, selain materi katun jersey, denim, twill, organza polyester, dan wool tweed. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Selain busana untuk wanita, label yang identik dengan batik ini juga menghadirkan koleksi busana buat pria dengan permainan motif dan padupadan yang kasual tapi juga modis. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Salah satu potongan busana pria yang cukup mencolok yakni adanya jaket dan celana dengan motif warna senada, sementara di dalamnya dipadu kemeja warna putih. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Sebelum memboyongnya ke hadapan publik di Indonesia, koleksi 'Kelir' disebutkan juga tampil di ajang Seoul Fashion Kode, di Seoul, Korea Selatan pekan lalu. Potongan busana yang simple, membuat koleksi ini bisa dibawa untuk acara santai, juga formal. (CNNIndonesia/Safir Makki)