Mandalika Diharapkan Dikunjungi 2 Juta Turis per Tahun

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 23/03/2018 15:43 WIB
Mandalika Diharapkan Dikunjungi 2 Juta Turis per Tahun Dengan luas area sebesar 1 juta hektare dan menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata NTB. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika diharapkan dapat mampercepat perkembangan sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan mendatangkan hingga dua juta wisatawan mancanegara pertahun mulai tahun depan.

"KEK Mandalika adalah KEK yang paling menarik bagi para investor saat ini dan diharapkan menjadi destinasi wisata kelas dunia," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB Wildan di Mataram, seperti yang dilansir dari Antara pada Jumat (23/3).

Terletak di bagian selatan Pulau Lombok, KEK Mandalika ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata.


Dengan luas area sebesar 1 juta hektare dan menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata NTB yang sangat potensial.

Wildan mengatakan KEK Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau.

Nama Mandalika berasal dari tokoh legenda yaitu Putri Mandalika yang dikenal berparas cantik.

Putri Mandalika juga menjadi sumber dari upacara unik Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan sang putri.

Saat ini, telah terbangun jalan dalam kawasan sepanjang 4 kilometer serta masih dilakukan pembangunan infrastruktur dan fasilitas seperti gedung perkantoran, jalan kawasan dan lain sebagainya.

Sebanyak lima investor juga akan mulai membangun hotel yakni Hotel Paramount Studio, Hotel Royal Tulip, Club Med Hotel, Pullman Hotel serta X2 Hotel.

"Pembangunan kawasan Mandalika ditargetkan akan mencapai Rp2,2 triliun dan investasi mencapai Rp28,64 triliun," ujar Wildan.

KEK Mandalika diperkirakan akan menyerap 58.700 tenaga kerja dengan kegiatan utama pariwisata, hotel dan resor.

(ard)