Menginspirasi, Naomi Campbell Sabet 'Fashion Icon Award' CFDA

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Jumat, 23/03/2018 13:41 WIB
Menginspirasi, Naomi Campbell Sabet 'Fashion Icon Award' CFDA Setelah hampir tiga dekade di dunia mode, supermodel Naomi Campbell raih 'Fashion Icon Award' pada penghargaan Council of Fashion Designers of America (CFDA). (Foto: REUTERS/Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah hampir tiga dekade di dunia mode, supermodel Naomi Campbell (47) meraih penghargaan bergengsi 'Fashion Icon Award' dari ajang penghargaan Council of Fashion Designers of America (CFDA). 

Sebagai ikon fesyen CFDA, Campbell akan bergabung dengan deretan selebriti lainnya yang telah menerima penghargaan serupa sebelumnya, seperti Beyonce, Pharrel Williams, Johnny Depp, Rihanna, dan David Bowie.

"Merupakan sebuah kehormatan untuk bisa diakui oleh CFDA lewat penghargaan Fashion Icon tahun ini," ujar Campbell, dalam sebuah pernyataan yang dirilis di laman CFDA. Penghargaan tersebut akan diberikan pada 4 Juni 2018 mendatang di Brooklyn, Amerika Serikat.



[Gambas:Instagram]

Tiga dekade di dunia mode bukanlah waktu yang sebentar bagi Campbell. Ia pertama kali ditemukan oleh agensi model ketika sedang berbelanja di London's Covent Garden. Kala itu, usianya baru 15 tahun. Dukungan yang menyertai Campbell sejak awal datang dari berbagai pihak, membuatnya berkembang pesat di industri mode.

"Saya tumbuh di dalam industri ini dan merasa berterima kasih kepada perancang-perancang busana Amerika ikonik yang telah mendukung dan merayakan saya sepanjang karir saya," ucap Campbell.

Beberapa tahun setelah kemunculan pertamanya di Vogue pada akhir 1980-an, Campbell telah berpose di lebih dari 500 sampul majalah dan menjadi bagian dari Trinity (trio model terkenal yang terdiri dari Christy Turlington, Linda Evangelista, dan Campbell sendiri).

Dilansir dari Vogue, Campbell juga merupakan model yang menginspirasi perancang busana Gianni Versace dan Azzedine Alaïa. Fotografer ternama seperti Steven Meisel, Herb Ritts dan Peter Lindbergh juga telah beberapa kali melakukan pemotretan dengan perempuan asal London tersebut.


Campbell memiliki karakter yang unik, yang tercermin pada gaya busananya dan cara ia berjalan di atas runway.

"Berasal dari London, gaya personal saya memang selalu dipengaruhi oleh sifat budaya jalanan dan skena musik yang dinamis dan selalu berubah," kata Campbell.

Selain dikenal sebagai supermodel, Campbell juga sempat bermain di dunia akting. Serial televisi karya Lee Daniels seperti Empire dan Star merupakan beberapa diantaranya. Campbell juga baru saja bergabung dengan Vogue Inggris sebagai editor kontributor.

Campbell dikenal dengan suaranya yang lantang berbicara mengenai isu-isu aktivisme. Ia pernah menggalang dana bantuan untuk New Orleans pasca badai Katrina dan Filipina pasca taufan Haiyan. Selain itu, Campbell juga mengadvokasi keberagaman dan kesetaraan di dunia mode dan industri fesyen.

"Dari enfant prodige hingga Dewi Fesyen, Naomi merepresentasikan kecantikan, aktivisme dan joie de vivre (semangat hidup)," ujar Chairwoman CFDA Diane von Fustenberg. (ast/rah)