FOTO: Merupa Denyut Bangkok

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 23/03/2018 13:55 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bangkok salah satu destinasi wisata teramai di dunia. Ada banyak rupa di sana yang menarik untuk diabadikan dalam momen street photography.

Taksi menunggu penumpang di kawasan Siam Square Bangkok. Kawasan Siam memberikan banyak pilihan garis komposisi dan warna untuk fotografi jalanan. Waktu terbaik untuk mendapatkan foto jalanan di kawasan ini pada pagi dan sore hari
Pejalan kaki melewati anak tangga di kawasan Siam Square Bangkok. Cahaya gelap terang membuat foto lebih berkarakter ditambah komposisi tangga yang melingkar. Tunggulah lalu orang berjalan dan momen yang pas menekan rana kamera.
Burung merpati menjadi obyek buruan yang populer dalam fotografi jalanan. Ratusan burung merpati di Kuil Budha Wat Rakang yang berada di tepi Sungai Praya Bangkok pilihan yang pas untuk memotret fotografi jalanan. Waktu terbaik adalah pagi atau sore hari.
Grand Palace merupakan destinasi wisata di Bangkok yang selalu ramai dikunjungi pelancong. Tak harus selalu memotret keindahan bangunan Grand Palace. Gerak gerik, tingkah pola dan gestur pelancong bisa menjadi obyek fotografi jalanan.
Buruh pengangkut es batu di Pasar Khlong Toei Bangkok menjadi obyek yang menggunakan teknis leading lines pada fotografi jalanan. Cuaca terik dan objek es batu memberi kesan kontradiksi.
Koki menyiapkan bahan masakan di kawasan Yaowarat Pecinan Bangkok. Aktifitas pedagang dengan berbagai gestur menarik untuk direkam, pilihlah obyek yang kuat, pencahayaan yang pas dan elemen tambahan untuk memperkuat foto.
Peramal dengan kartu tarot yang disusun membentuk setengah lingkaran di kawasan Pasar Khlong Toei Bangkok. Memotret dengan gaya fotografi jalanan tak selalu menampilkan sosok penuh manusia. Elemen garis, lengkungan dan warna memberikan pesan visual yang beda.
Memanfaatkan elemen poster iklan dan spion motor sebagai fotografi jalanan. Kepekaan mata dan imajinasi dalam melihat dan mencari momen fotografi jalanan sangat penting.
Kesibukan pedagang saat sore hari di kawasan Yaowarat pecinan Bangkok banyak ditemui. Padu padan warna merah khas pecinan ditambah lalu lalang warga dan teknik layers (obyek berlapis-lapis) banyak ditemukan di kawasan ini.
Mengeksplorasi cahaya adalah bagian dari fotografi jalanan. Cahaya matahari sore membias pada rambut pejalan di pasar akhir pekan Chatuchak. Pilihlah waktu yang pas menekan rana kamera, tekan rana secara continue untuk menemukan frame dan komposisi yang pas.
Sore hari pada pukul 5 merupakan golden hours, cahaya matahari menerobos obyek maupun subjek yang ada di kawasan Pasar Bunga Pak Klong. Carilah obyek yang kuat untuk memperkuat isi foto.
Dua pejalan kaki laki-laki muda dan tua di kawasan Yaowarat Pecinan Bangkok membentuk teknis juxtaposition. (berlawanan).
Transportasi ikon khas Bangkok adalah tuktuk. Lampu dan interior tuktuk saat malam hari bisa menjadi obyek fotografi jalanan. Pastikan memilih diafragma, kecepatan dan iso film yang pas.