5 Dokumenter untuk Inspirasi Perjalanan Wisata

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 27/03/2018 15:24 WIB
5 Dokumenter untuk Inspirasi Perjalanan Wisata Ilustrasi. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak cara untuk tetap menikmati panorama alam di dunia kala tak punya dana, salah satunya ialah menonton dokumenter mengenai penjelajahan.

Unsur cerita dan teknik pengambilan gambar membuat dokumenter-dokumenter ini seakan merayu penonton untuk datang langsung ke lokasi syutingnya. Isu perlindungan alam dan budaya tentu saja menjadi benang merahnya. 

Menjelang libur akhir pekan, berikut ini ialah dokumenter mengenai penjelajahan yang menarik untuk disaksikan:


1. Chasing Coral

Dokumenter karya Jeff Orlowski ini bisa disaksikan di Netflix.

Selama satu jam penonton akan disajikan tayangan mengenai proses kematian terumbu karang di dunia. Salah satu yang paling parah ialah di Great Barrier Reef, Australia.

Gambar-gambar bawah laut yang ditampilkan sangat memukau, namun dengan fakta bahwa 50 persen terumbu karang di dunia telah mati dokumenter ini sebenarnya cukup membuat depresi.

Dokumenter ini juga sempat menjadi nominasi dalam Piala Oscar 2017.

[Gambas:Instagram]

2. Planet Earth

Selain gambar flora dan fauna yang menarik, dokumenter produksi BBC yang ditayangkan di Netflix ini juga semakin syahdu dengan narasi suara aktor David Attenborough.

Serial dokumenter ini diproduksi sejak tahun 2006 sebelum tayang di Netflix.

Setiap episode memiliki jalan cerita yang kompleks, namun masih mudah dicerna karena penjelasannya yang sederhana.

3. Under an Arctic Sky

Disutradarai oleh Chris Burkard, dokumenter ini berkisah mengenai sekelompok peselancar yang berusaha menemukan ombak di Lingkar Arktik.

Mereka lalu menjelajah Islandia di tengah musim dingin yang hebat.

Beragam masalah mereka temui sepanjang perjalanannya, sampai akhirnya mereka menemukan "harta karun" di Islandia yang tak ternilai harganya.

[Gambas:Instagram]

4. Antarctica: A Year on Ice

Tak hanya berkisah mengenai lapisan es yang semakin mencair, dokumenter besutan Anthony B. Powell ini juga mengisahkan kehidupan dua peneliti yang harus tinggal di kawasan terdingin di dunia itu selama setahun.

Powell juga ikut menata kamera dalam karyanya ini. Dengan keahliannya menangkap sisi fotografi yang menarik, dokumenter ini mengganjar banyak penghargaan dunia.

[Gambas:Youtube]

5. Baraka

Mungkin tak pernah ada dokumenter mengenai perjalanan kalau dokumenter berjudul 'Baraka' tak pernah dirilis.

Dokumenter ini dibuat oleh Ron Fricke dan dirilis pada 1992. Walau jadul, namun dokumenter mengenai kebudayaan negara di dunia ini membuat standar mengenai menariknya cerita dan gambar suatu dokumenter.

Kini, 'Baraka' telah mempunyai adik, berupa sekuel bertajuk 'Samsara' yang dirilis pada 2012.

[Gambas:Youtube]

(ard)