9 Tipe Payudara dan Rekomendasi Bra yang Sesuai

CNNIndonesia, CNN Indonesia | Jumat, 06/04/2018 00:45 WIB
9 Tipe Payudara dan Rekomendasi Bra yang Sesuai Dari tipe yang bulat hingga ramping, mengenali tipe payudara dapat menjadi pertimbangan saat membeli bra yang sesuai. (Ilustrasi/Foto: REUTERS/Bobby Yip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan hanya memiliki ukuran yang berbeda-beda, tiap perempuan juga memiliki bentuk dan tipe payudara yang beragam. Tentunya, karena bentuknya berbeda-beda, perlu bra yang berbeda juga.

Saat membeli bra, seseorang dianjurkan untuk mencari bra dengan ukuran cup yang sesuai, lingkar dada yang tidak terlalu sempit atau longgar, dan bisa juga mengecek lewat memasukkan dua jari ke bawah tali bra.

Perusahaan pakaian dalam ThirdLove seperti dikutip dari Cosmopolitan, menemukan 9 tipe payudara yang berbeda-beda, dari hasil riset yang mereka lakukan. Berikut beberapa di antaranya:



1. Bulat

Jika payudara berisi penuh baik di bagian atas maupun bawah, payudara tersebut artinya memiliki tipe bulat. Payudara tipe ini tidak membutuhkan topangan yang terlalu banyak dari bra, sehingga mereka yang memiliki payudara tipe ini bisa lebih bebas memilih jenis bra untuk digunakan.

2. Timur dan barat

Sebagian wanita memiliki puting payudara yang menghadap keluar, atau ke "timur dan barat." Untuk payudara bentuk ini, bra t-shirt merupakan pilihan yang tepat, karena membantu menghaluskan bentukan payudara dan mengarahkannya lebih ke dalam.

3. Side set

Jika payudara memiliki jarak yang luas di antaranya, maka payudara memiliki bentuk side set. Biasanya, mereka yang memiliki bentuk ini memiliki payudara yang berbentuk lebih penuh, dan paling sesuai menggunakan bra jenis 'plunge.' Bra jenis ini akan menarik kedua payudara dan meletakkannya ke arah lebih dalam.


4. Tetes air

Seperti tetesan air, payudara jenis ini berbentuk bulat di bawah namun lebih tipis di atas. Untuk wanita yang memiliki jenis payudara ini, tidak perlu khawatir karena cocok dengan jenis bra apapun.

5. Ramping

Payudara yang ramping berbentuk lebih tipis di atas, penuh di bawah, dan dapat dideskripsikan sebagai lebih panjang daripada lebar. Biasanya payudara berbentuk ramping juga memiliki ukuran cup yang kecil, sehingga bra tanpa kawat merupakan pilihan yang tepat. Jika ingin payudara terlihat lebih penuh, bisa juga mencoba bra jenis 'plunge.'

6. Asimetris

Hampir semua payudara wanita bersifat asimetris. Payudara yang kanan tidak pernah benar-benar serupa dengan yang kiri. Namun, jika perbedaan ini sangat mencolok, payudara bisa dikategorikan sebagai asimeris. Untuk menemukan bra yang nyaman dipakai walau ukuran cup berbeda jauh, coba kenakan bra dengan bahan pelapis atau penebal yang bisa dikeluarkan.


7. Lonceng

Payudara yang memiliki bentuk lonceng memang mirip dengan payudara berbentuk ramping, namun lebih besar. Tidak seperti payudara ramping, payudara bentuk ini membutuhkan topangan yang lebih kuat. Oleh karenanya, hindari jenis bra balconettes.

8. Atletis

Wanita dengan jenis payudara ini biasanya memiliki payudara yang lebih berotot, dengan jaringan yang lebih tipis. Semakin lebar payudara atletis, semakin cocok menggunakan bra yang memiliki tali tebal, untuk memastikan bahwa payudara tetap tertopang ketika melakukan aktivitas fisik yang berat.

9. Santai

Payudara dengan jenis 'santai' bisa dikenali lewat sifatnya yang kendur dan puting yang mengarah ke bawah. Untuk mengakali bentuk payudara ini, coba gunakan bra t-shirt klasik. (ast/rah)


ARTIKEL TERKAIT