Panduan Memprediksi Musim Tulip di Belanda

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 12/04/2018 16:40 WIB
Panduan Memprediksi Musim Tulip di Belanda Ilustrasi (Foto: AFP PHOTO / Tauseef MUSTAFA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap tahun banyak orang yang bertanya mengenai waktu mekar bunga tulip di Belanda, tahun ini pun tak jauh berbeda. Pertanyaan tersebut masih menggelantung di benak banyak orang.

Perlu diketahui, momen mekarnya bunga tulip tergantung pada suhu udara dan curah hujan di musim semi dan gugur. Jadi momennya benar-benar di luar kendali manusia.

Mengutip Tulips in Holland, jika suhu dingin akan memperlambat momen mekarnya. Sedangkan jika suhu hangat, maka momen mekarnya akan lebih cepat.


Pada tahun 2014, semua kebun bunga tulip mekar mekar pada awal April karena cuaca sedang hangat. Sedangkan setahun sebelumnya bunga-bunga tulip mekar pada bulan Mei, karena cuaca yang dingin.

Namun jika ingin melihat fakta selama 10tahun terakhir, bisa dikatakan bunga tulip mekar di pekan ketiga bulan April. Tahun 2018 ini tergolong sulit untuk diprediksi, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan tugas ini menjadi agak berat. Namun ada hal yang bisa dilakukan untuk memperbesar peluang melihat panorama langka ini.

Jika ingin berkunjung ke Belanda untuk melihat bunga tulip mekar, maka sebaiknya terus pantau situs prakiraan cuaca di Belanda.

[Gambas:Instagram]

Selain kincir angin dan bendungan raksasa, Belanda dikenal dengan panorama bunga tulipnya. Hal ini sudah lama menjadi atraksi tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke Belanda.

Sebagian besar ladang bunga tulip di Belanda berlokasi di Noordoostpolder, provinsi Flevoland. Ladang umbi bunga di sepanjang pesisir Den Haag dan Leiden hingga ke Alkmaar di sebelah utara juga merupakan cara terbaik untuk menikmati bunga indah tersebut. 

Sementara itu, Keukenhof yang merupakan taman bunga terbesar di dunia, terkenal dengan aneka bunga tulipnya serta hanya 15 menit berkendara dari Leiden dan 30 menit dari Amsterdam.
(agr)