ULASAN PENGINAPAN

Kemewahan di Tengah Salju Les-Avanchers Valmorel

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Minggu, 15/04/2018 12:18 WIB
Kemewahan di Tengah Salju Les-Avanchers Valmorel Nuansa luar Club Med Valmorel dari tempat makan. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Les-Avanchers Valmorel, Perancis, CNN Indonesia -- Bangunan itu berdiri kokoh di sebelah barat pegunungan Alpen. Membentang menghadap lembah-lembah bersalju dan lereng-lereng yang dipenuhi pohon cemara. Resor ini bernama Club Med Valmorel, terletak di Les-Avanchers Valmorel, Perancis.

Terletak di salah satu pucuk tertinggi Les-Avanchers Valmorel membuat Club Med Valmorel terasa sangat eksklusif. Tentunya, resor ini pun jauh dari keriuhan serta memiliki udara yang sangat sejuk, membuat istirahat begitu tenang dan nyaman.

Makanya tak heran jika resor ski berpredikat bintang lima ini sering dikunjungi oleh pesohor internasional.


General Employee Club Med Valmorel Temmy Satrio mengatakan, Club Med Valmorel memang ditujukan bagi masyarakat yang mendambakan suasana nyaman dengan pelayanan yang premium.

Ini sejalan dengan konsep Club Med Valmorel yang mengedepankan Haut de Gamme, atau pelayanan paling prima (top of the top). Konsep elegan tak hanya tercermin dari interiornya, namun juga dari pelayanan yang diberikan.

"Bonjour," ujar dua staf menyambut ramah tamu di lobi kedatangan. Dalam sekejap mata, mereka langsung sigap mengangkat koper dan barang lainnya untuk diantarkan ke resepsionis. Meja resepsionis diisi oleh staf yang menguasai beberapa bahasa.

Bahkan, satu staf bisa menguasai hingga empat bahasa, sehingga tak perlu takut untuk mengajukan pertanyaan ke mereka.

Ruang resepsionis ini berhadapan langsung dengan ruangan tengah yang didominasi warna merah. Sebuah ruangan besar dengan perapian serta panggung yang kerap diisi oleh berbagai pertunjukkan di malam harinya.

Ruangan tengah ini juga dilengkapi berbagai sofa berukuran besar, tentu melegakan raga yang lelah sehabis bermain ski.

Meski berpredikat resor premium, namun interiornya tidak terkesan kaku. Biasanya, resor bintang lima lainnya selalu menggunakan interior yang cenderung berlebihan dengan ornamen yang mewah, tetapi Club Med Valmorel tidak seperti itu. Interiornya cukup modern dan bikin nyaman layaknya di rumah sendiri.

Saya menilai, Club Med Valmorel ingin menunjukkan bahwa kemewahan yang hakiki tercermin dari pelayanan serta suasana pegunungan Alpen yang begitu eksklusif.

Kemewahan di Tengah Salju Les-Avanchers ValmorelRuangan tengah Club Med Valmorel, tempat semua aktivitas utama dilakukan. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)

Demi Lelap yang Nyenyak

Puas menengok bagian depan hotel, saatnya melirik kamar-kamar yang disediakan oleh Club Med Valmorel. Terdapat tiga kamar yang ditawarkan, yakni tipe Club, Deluxe, dan Suite dengan interior yang didominasi bahan kayu.

Tipe club merupakan kamar dengan satu tempat tidur, sementara tipe deluxe menawarkan memiliki beberapa unit kamar lagi yang terdapat di dalamnya.

Yang istimewa, kamar ini juga memiliki tipe suite dengan lobi tersendiri serta layanan yang lebih eksklusif.

Bahkan, Club Med Valmorel juga menyediakan pelayan (butler) tersendiri yang siap memenuhi keinginan pelanggannya. Tentu saja, dengan tingkat harga yang lebih mahal dibanding dua tipe kamar lainnya.

Lokasi kamar berada di sayap kiri dan sayap kanan hotel, sementara seluruh fasilitas yang dimiliki Club Med Valmorel berada di sisi tengah. Sehingga, ini memudahkan tamu untuk mengakses seluruh fasilitas hotel.

Tak hanya kamar, Club Med Valmorel juga menyediakan chalet, yakni vila dengan eksterior kayu layaknya vila musim dingin yang terdapat di Eropa.

Chalet sendiri terletak tidak jauh dari resor utama, sehingga diperlukan kendaraan sendiri untuk menuju ke sana. Namun, tak perlu khawatir, sebab chalet juga disertai dengan layanan antar jemput pribadi yang siap mengantar tamu kemana saja.

Saya sendiri berkesempatan untuk bermalam di kamar tipe Club dengan ukuran yang sangat luas dilengkapi dengan ruangan kloset pakaian tersendiri dan pemandangan yang menakjubkan.

Tak hanya menghilangkan rasa lelah, namun juga mengusir rasa penat akan rutinitas sehari-hari.

Kemewahan di Tengah Salju Les-Avanchers ValmorelKamar tidur tipe Club dengan pemandangan Pegunungan Alpen. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)

Tak Lengkap Tanpa Bermain Ski

Club Med Valmorel sendiri baru dibuka tahun 2015 dan merupakan salah satu dari 20 resor ski yang dimiliki Club Med di Eropa. Resor ini buka pada musim dingin dan musim panas, dan memang ditujukan sebagai resor bermain ski.

Makanya, rata-rata tamu yang datang menghabiskan waktu selama tujuh hari lamanya demi bermain olahraga khusus musim dingin.

Resor ini Ini juga merupakan resor premium yang inklusif, dengan kata lain, pelanggan tak perlu lagi membayar biaya tambahan untuk menikmati fasilitas di dalamnya.

Beberapa servis yang disediakan secara cuma-cuma oleh Club Med Valmorel seperti makan minum sepuasnya, pelajaran ski dan snowboarding, akses ke arena ski, hingga klub bagi anak-anak.

Selain itu, mereka juga menyediakan spa dan peralatan ski yang bisa disewa per hari, namun biaya itu tidak termasuk tarif yang kita keluarkan untuk memesan kamar.

Karena semua sudah disiapkan, maka pelanggan tak perlu pusing dalam mempersiapkan segala hal bermain ski.

Pusat bermain ski terletak di sisi basement. Di sini terdapat tempat penyewaan alat ski dan loker untuk mengganti peralatan ski.

Saya sendiri cukup terkesan dengan pelayanan ski yang diberikan oleh Club Med Valmorel, sebab mereka membuka tangan bagi siapa saja yang ingin bermain ski terlepas dari tingkatan keahliannya. Saya yang tadinya tidak mengerti ski sama sekali kini pun mengerti dasar-dasarnya.

Untungnya, Club Med Valmorel juga memberikan akses ke arena ski di Les-Avanchers Valmorel serta instruktur tersendiri secara cuma-cuma.

Ini sangat menguntungkan, sebab untuk satu sesi kelas ski saja dibutuhkan biaya 250 Euro. Sementara itu, untuk mengakses satu kali layanan ski yang tersedia di Les-Avanchers Valmorel bisa mencapai 100 Euro sehari.

Instruktur ski yang disediakan juga sudah berpengalaman serta memiliki sertifikat. Sehingga, keamanan dalam bermain ski bisa dibilang sudah terjamin.

Kemewahan di Tengah Salju Les-Avanchers ValmorelBermaik ski menjadi salah satu aktivitas yang ditawarkan di sini. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)

Jalan Menuju Valmorel

Marketing and Sales Support Executive Club Med Indonesia Melly Dentinarahmi mengatakan, Club Med Valmorel cocok bagi pelancong Indonesia yang membutuhkan suasana baru di Eropa dan mendambakan kemewahan di tengah gagahnya Pegunungan Alpen.

Sebab, olahraga ski tidak populer di Indonesia, sehingga liburan untuk bermain ski bisa menjadi pengalaman unik untuk dibawa ke tanah air.

"Semua orang pada dasarnya bisa bermain ski, dan kami memberikan experience tersebut. Dan ini sangat cocok bagi warga Indonesia yang senang mencari-cari pengalaman baru dari segi traveling," jelas dia.

Pemesanan kamar di Club Med Valmorel bisa dilakukan secara swadaya melalui situs Club Med, namun kini Club Med bekerja sama dengan HIS Travel dalam memberikan paket perjalanannya.

Paket perjalanan selama 10 hari ini memiliki itinerary anti-mainstream di Eropa yang dimulai dari Zurich, Swiss dan berakhir di Paris, Perancis, di mana tiga hari dua malam akan dihabiskan untuk bermain ski di Club Med Valmorel.

Mengisi Kembali Energi Positif

Bermalam di Club Med Valmorel membuat saya mendapatkan energi positif yang tercermin dalam kegembiraan selama berhari-hari. Pelayanan yang responsif serta layanan segala ada membuat liburan benar-benar terasa seperti liburan.

Apalagi, banyak pelajaran yang bisa dipetik dalam bermain ski dari mulai kepercayaan diri dan mengusir sifat pesimistis yang selama ini selalu hadir di setiap situasi.

Bagi saya, bermalam dan bermain ski di tengah pegunungan Alpen bikin saya tak rela untuk kembali pulang ke Indonesia.

(ard)