Kohu-Kohu, Empat Sehat Lima Sempurna ala Maluku

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Sabtu, 14/04/2018 17:59 WIB
Kohu-Kohu, Empat Sehat Lima Sempurna ala Maluku Ilustrasi Kohu-Kohu, panganan khas Maluku yang bentuknya mirip urap. (Thinkstock/MielPhotos2008)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia memiliki ragam dan budaya yang berasal dari ratusan suku hingga menjadi bagian dari masyarakat di negara ini.

Dari setiap wilayah yang membentang dari Sabang hingga Merauke, hampir setiap suku masyarakat memiliki khazanah dan budaya masing-masing, tak terkecuali kuliner dengan berbagai keragamannya.

Misalnya saja rendang, macam-macam jenis soto, olahan ikan, olahan ayam, hingga olahan sayuran.


Salah satu makanan yang saat ini masih bisa dibilang cukup asing di beberapa kalangan masyarakat adalah masakan asal tanah Maluku.

Selama ini, tahu Papeda atau olahan ikan laut kerap menjadi andalan Maluku untuk memikat lidah para wisatawan. Namun, sebenarnya ada satu panganan lain yang punya kekuatan cukup untuk bersaing di antara sekian banyak kuliner khas Indonesia: Kohu-Kohu.

Olahan ini tak hanya nikmat, tapi diklaim baik bagi kesehatan.

Kohu-kohu dari segi tampilan dan komposisi tak jauh berbeda dengan urap sayur yang berasal dari tanah Jawa. Satu faktor yang membuatnya berbeda adalah tambahan ikan yang menjadi salah satu bagian penting komposisi masakan ini.

Ikan yang ada dalam masakan ini sederhana, bisa ikan teri basah, tongkol kukus atau pindang.

"Yang penting ikannya tidak digoreng," kata Ahmad Zulkarnaen (47) salah satu penjaja Kohu-Kohu di Festival makanan nusantara yang diselenggarakan di kawasan Park and Ride, Thamrin, Jakarta, Sabtu (14/4).

Tak hanya nikmat dan sehat, Kohu-Kohu juga diklaim sebagai makanan yang proses pembuatannya simpel dan mudah.

"Bahan buat bikin ini tuh mudah. Sayuran di mana-mana ada, untuk ikan cuma teri atau tongkol saja yang banyak jual juga di pasaran," kata Ahmad.

Kohu-Kohu sendiri terdiri dari berbagai jenis sayuran yang diklaim kaya akan serat dan vitamin. Sedangkan ikan tongkol, kaya akan omega 3.

"Lebih bagus sayurannya dikukus agar vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran tidak banyak terbuang," kata Ahmad yang mengaku tahu resep Kohu-Kohu ini dari sang ibu secara turun temurun.

Adapun komposisi dalam satu porsi Kohu-Kohu ini terdiri dari kangkung, taoge, kacang panjang, jeruk nipis, kelapa parut, daun kemangi dan timun sebagai pelengkap. Sementara untuk bumbu terdiri dari kencur, bawang merah, cabe, bawang putih dan bumbu lainnya.

Di Maluku, Kohu-Kohu biasanya disajikan saat perayaan adat, pernikahan, hingga menjadi makanan sehari-hari.

Agar lebih menarik, dan lebih khas Maluku, baiknya menyantap Kohu-Kohu bersama singkong atau ubi yang direbus.

Tak hanya nikmat, kohu-kohu ini lengkap akan nutrisi dan bisa menjadi rujukan empat sehat lima sempuran dalam satu piring makan anda.
[Gambas:Video CNN] (vws)