Resep Yogurt Banana Smoothie untuk Diet dan Pencernaan Lancar

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 06:50 WIB
Resep Yogurt Banana Smoothie untuk Diet dan Pencernaan Lancar ilustrasi smoothie pisang (Picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumsi smoothie kini jadi salah satu cara yang enak yang dipilih orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Selain rasa yang enak, cara membuat yang praktis juga jadi salah satu faktor keunggulannya.

Salah satu bahan smoothie yang paling disukai adalah pisang. Smoothie pisang dapat dicampur dengan bahan kaya nutrisi lainnya agar manfaat semakin lengkap.


Ahli nutrisi Jansen Ongko membagikan resep olahan pisang yang diberi nama Yobana Smoothie atau Yogurt Banana Smoothie. Jansen menjelaskan campuran yogurt dan pisang merupakan paduan yang tepat dari segi kandungan gizi.


"Banyak yang makan pisang tapi muncul keluhan pencernaan menjadi tidak lancar. Nah, yogurt yang memperlancar pencernaan dapat menjadi penyimbang kandungan dalam pisang," kata Jansen dalam peluncuran Phillips Duravita di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, pisang yang kaya potasium dapat meningkatkan energi dan memperlancar peredaran darah. Jansen menyarankan minuman ini diminum sebelum beraktivitas terutama berolahraga.

"Ini pas banget buat yang suka olahraga atau nge-gym supaya tidak pegal-pegal," ujar Jansen.

Bahan-bahan:
2 buah pisang matang (100 gram)
4 sdm oatmeal (35 gram)
100 ml susu cair
100 ml yogurt (plain)
2 sdm madu
Es batu

Cara membuat:
1. Campurkan pisang, oatmeal, susu, yoghurt, madu, dan potongan es batu ke dalam blender. Kemudian proses hingga semua bahan bercampur sampai halus.
2. Sajikan dalam keadaan dingin untuk dua gelas.

Setiap gelas mengandung 239 kkal. (chs/chs)