5 Kebiasaan Penyebab Penuaan Kulit Wajah

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 20:36 WIB
5 Kebiasaan Penyebab Penuaan Kulit Wajah Sejumlah kebiasaan tanpa disadari membuat kulit wajah menua lebih cepat, seperti kerap terpapar matahari, atau merokok dan minum alkohol. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/Kharichkina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seperti halnya usia, kulit juga ikut menua secara natural seiring berjalannya waktu. Namun faktanya,kulit wajah bisa menua lebih cepat dibandingkan usia.

Beberapa faktor dan kebiasaan sehari-hari membuat kulit menua lebih cepat ketimbang usia. Penuaan kulit ini terutama pada bagian wajah ditandai dengan munculnya kerutan, garis-garis halus, bintik hitam, dan kulit lebih kasar.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut merupakan lima kebiasaan penyebab penuaan pada kulit wajah:



1. Paparan matahari

Terkena sinar matahari merupakan penyebab utama penuaan pada kulit. Penelitian mencatat sekitar 70 persen proses penuaan kulit tergantung pada jumlah paparan sinar matahari ke kulit. Hal ini terjadi lantaran radiasi matahari mempercepat penghancuran kolagen melalui proses oksidasi.

Proses oksidasi itu juga menghancurkan materi genetik pada kulit. Proses ini jug amenyebabkan munculnya kulit kasar, tipis dan keriput. Dalam jangka waktu yang lama, kulit dapat menjadi kering dan sensitif.

2. Merokok dan alkohol

Penelitian menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus pada perokok muncul 10-15 tahun lebih cepat ketimbang orang yang tidak merokok. Percepatan penuaan ini terjadi karena pada perokok vitamin C yang baik untuk kulit berkurang di dalam darah. Konsumsi alkohol juga menyebabkan kerusakan pada tekstur dan warna kulit. Alkohol juga membuat munculnya kapiler dan kemerahan pada pipi.


3. Konsumsi gula dan karbohidrat

Pola makan yang tak bergizi juga berdampak buruk untuk kulit. Terlalu banyak konsumsi gula dan makanan manis dapar membuat kulit kaku dan kehilangan elastisitas. Kekurangan protein serta nutrisi dari buah-buahan dan sayuran juga tak baik untuk perkembangan kulit. Protein penting untuk produksi kolagen dan serat elastis yang membuat kulit tampak segar. Sedangkan buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan kulit wajah.

4. Stres

Dikutip dari Healthy and Natural World, stres menyebabkan peningkatan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat proses penuaan. Depresi yang berkepanjangan juga membuat regenerasi kulit terhambat. Hal ini terjadi karena depresi membuat sel yang hendak tumbuh justru mati.

5. Kurang tidur

Kurang tidur membuat pertumbuhan sel-sel kulit baru terhambat. Pasalnya, regenerasi kulit terjadi selama proses tidur. Selama tidur, hormon-hormon yang memicu pembaharuan jaringan kulit muncul dan berkembang. Pada orang yang kurang tidur proses ini terjadi dan menyebabkan penuaan kulit terjadi lebih cepat. (rah/rah)


BACA JUGA