7 Makanan Terbaik untuk Atasi Sembelit

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 08:47 WIB
7 Makanan Terbaik untuk Atasi Sembelit ilustrasi buah-buahan (Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beruntung jika setiap pagi Anda rutin ke toilet untuk buang air besar.

Pasalnya, tak semua orang bisa buang air besar setiap pagi hari. Banyak orang yang mengalami konstipasi atau sembelit.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti, dehidrasi, diet yang buruk, pengaruh obat-obatan, atau penyakit yang mempengaruhi sistem saraf.

Untungnya, beberapa makanan tertentu dapat membantu meringankan sembelit dengan cara melunakkan feses dan mengurangi tingkat kerja usus.


Makanan yang dapat membantu meringankan sembelit ini dapat dengan mudah ditemukan di kehidupan sehari - hari.

Berikut adalah 7 makanan yang dapat membantu meringankan rasa sembelit dan membuat pencernaan anda teratur.

1. Plum
Buah Plum sering dipakai sebagai obat alami untuk sembelit. Buah plum mengandung banyak serat, seperti serat selulosa yang dapat membantu melancarkan pencernaan anda.

2. Apel
Buah apel juga merupakan buah yang kaya akan serat. satu buah apel mengandung 4,4 gram atau setara dengan 17 persen dari asupan serat yang direkomendasikan. Serat yang terdapat dalam apel disebut dengan pektin.

Serat pektin dapar dengan cepat difermentasikan oleh bakteri untuk membentuk asam lemak dan dapat melunakkan feses.


3. Pir
Buah pir juga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Namun selain kaya akan serat, buah pir juga tinggi akan fruktosa dan sorbitol. Fruktosa dan sorbitol merupakan sejenis gula yang tidak diserap dengan baik oleh tubuh sehingga gula akan menjadi pendorong alami dengan membawa air ke dalam usus.

4. Ubi manis
Ubi merupakan makanan alternatif dari kentang yang mempunyai kadar gilkemik yang rendah dan mengandung sejumlah serat seperti selulosa, lignin dan pektin yang membantu meringankan sembelit.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperi kacang polong merupakan makanan yang mudah ditemukan dan murah. Selain itu kacang-kacangan juga kaya akan campuran serat yang dalam satu setengah cangkir kacang dapat memenuhi sekitar 31 persen dari kebutuhan serat harian.

6. Biji chia
Biji Chia yang sering disalahartikan sebagai biji selasih ini merupakan makanan yang paling padat akan serat, hanya dengan satu ons biji chia, sekitar 42 persen kebutuhan serat harian anda terpenuhi.

Biji chia dikenal sangat serbaguna dan dapat ditambahkan ke berbagai makanan. Biji chia yang dilarutkan di dalam air akan membentuk gel yang dapat membantu melunakkan feses.

7. Sayuran Hijau
Mengutip Healthline, sayuran hijau seperti bayam, kubis dan brokoli bukan hanya kaya akan serat namun juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K dan folat. Sayuran hijau dapat membantu mendorong kotoran untuk lebih mudah keluar dari usus. (joy/chs)