Kala Batik Berpadu Kilau Swarovski

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 20/04/2018 13:18 WIB
Kala Batik Berpadu Kilau Swarovski Koleksi Iwan Tirta (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Batik biasanya diolah menjadi pakaian formal yang kaku dan sulit dikreasikan. Namun, kolaborasi Iwan Tirta Private Collection X Mel Ahyar berhasil membuat batik menjadi busana yang mewah dan elegan saat dipadankan dengan kilau dari taburan kristal Swarovski.

Ragam koleksi batik kolaborasi ini dipamerkan untuk pertama kalinya dalam panggung Senayan City Fashion Nation 2018, Rabu (18/4). Koleksi bertajuk ER-LUM yang diadaptasi dari kata heirloom yang berarti pusaka ini terdiri dari 22 set busana.

Kolaborasi dua nama besar dalam dunia mode Indonesia ini menghasilkan busana dengan pola batik yang tegas dan besar sesuai ciri khas Iwan Tirta Private Collection dan detail-detail rumit dari Mel yang merupakan perancang senior.



Batik yang digunakan terdiri dari beragam motif mulai dari boketan atau bunga, peksi atau burung, gajah, hingga kupu-kupu. Rentang warna gelap seperti hitam, cokelat, hijau, dan biru menjadi warna yang mendominasi pada koleksi ini.

Dalam merancang batik ini, Mel banyak menggunakan siluet lurus dan A-line. Dia juga menambahkan bahan taffeta, tulle dan sutra organdi pada batik sehingga busana terlihat kian modern.

Mel mengolah batik dan bahan-bahan itu kebanyakan menjadi midi-dress dan luaran longgar dengan teknik sulam bordir. Rata-rata busana itu berpotongan lebih pendek di bagian depan.

Sebagai sentuhan akhir, kristal Swarovski disematkan pada bagian inti motif sehingga memberikan kesan hidup yang menyala-nyala pada busana batik. Beberapa kristal juga terlihat menjuntai di bagian bawah dress atau lengan. Kilau kristal ini membuat busana batik ini tak kalah jika disandingkan dengan gaun malam.


Busana kolaborasi Iwan Tirta Private Collection X Mel Ahyar ini juga diperagakan oleh peraih The Iconic Women di antaranya Alexandra Asmasoebrata, Atiqah Hasiholan, Ayu Dewi, Daisy Musin Dare, dan Windy Hartanto.

The Iconic Women merupakan penghargaan yang diberikan kleh Senayan City kepada sembilan sosok wanita aktif dan menginspirasi dari berbagai profesi. (rah/rah)