Trik Dion Wiyoko Ajak Generasi Milenial Rajin Menabung

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 19/04/2018 08:25 WIB
Trik Dion Wiyoko Ajak Generasi Milenial Rajin Menabung ilustrasi menabung (Skitterphoto/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maraknya promosi-promosi lewat media sosial membuat generasi millenial 'tergiur' untuk berbelanja.

Perilaku ini menyebabkan pengamat digital lifestyle Ben Soebiakto mengungkapkan bahwa generasi millenial adalah generasi yang bersifat konsumtif.

Tak cuma Ben, selebriti Dion Wiyoko juga menilai bahwa generasi millenial memang memiliki potensi untuk berlaku lebih konsumtif, terutama mereka yang kerap terpengaruh oleh influencer 'promo' produk lewat akun media sosialnya.


"Jadi lebih impulsif, karena tiap hari buka sosmed lihat sepatu baru, baju baru, liburan ke Maldives," ucap Dion di The Pallas, Jakarta Selatan, pada Rabu (18/4).


Pengaruh-pengaruh dari influencer ini kadang membuat orang-orang dari generasi millenial lupa untuk menabung. Terutama bagi generasi millenial yang masuk dalam kategori first jobbers, yakni mereka yang baru pertama kali memiliki pendapatan sendiri dan masih bisa menggunakan seluruh pendapatan tersebut untuk dirinya sendiri.

Sebagai bagian dari generasi millenial yang berusia lebih tua dan telah menikah, Dion telah memiliki caranya sendiri untuk lebih disiplin mengatur pengeluaran dan menabung uang.

Berikut beberapa tips menabung uang untuk generasi millenial dari Dion:

Dion WiyokoFoto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri
Dion Wiyoko

1. Mengubah mindset
Generasi millenial harus mengubah mindset dalam melakukan pengeluaran. Mereka harus berhenti hanya memikirkan kenikmatan yang didapat dari pengeluaran hari ini, namun juga memikirkan rencana-rencana di masa depan.

Misalnya, di masa mendatang mereka ingin membeli rumah atau mobil, maka sisikan sebagian dari uang gaji untuk tabungan jangka panjang. Intinya, mereka harus berfokus di masa mendatang, tidak hanya pada hari ini.

Mengubah mindset terutama berlaku bagi para first jobbers yang masih dapat menggunakan seluruh pendapatannya hanya untuk diri sendiri.

2. Menciptakan target
Jika sudah mendapat motivasi untuk menabung dari mengubah mindset, langkah selanjutnya adalah berlaku disiplin terhadap diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menciptakan target menabung.

Misalnya, buat target untuk bisa mengumpulkan tabungan sebanyak lima juta dalam setengah tahun. Target ini akan menciptakan kebiasaan, yang akhirnya perilaku menabung menjadi suatu hal yang mudah dilakukan dan terasa alamiah.


3. Memanfaatkan internet dan media sosial
Generasi millenial menjadi lebih konsumtif karena paparan media sosial dan pengaruh influencer. Namun, mengapa tidak melakukan hal yang sama juga, yakni mencoba mendapat penghasilan lewat media sosial?

"Jika 8 tahun lalu media sosial hanya sebatas untuk berbagi kehidupan personal, sekarang banyak anak muda bisa sukses dan kaya lewat media sosial," kata Dion.

Jika memiliki waktu luang, media sosial bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang enterpreneur. Jika punya ide-ide menarik, bisa buat usaha bisnis baru lewat platform media sosial. Jika memiliki hobi-hobi tertentu, misalnya menggambar, coba bagikan karya-karya di media sosial secara konsisten.

Mungkin, jika telah memiliki pengikut yang cukup banyak, suatu saat akan ada label atau perusahaan yang mengajak bekerja sama. Tentunya ini bisa dijadikan tambahan penghasilan untuk ditabung. (ast/chs)