'Sehari' Busana Jokowi, dari Jaket Denim sampai Kain Tenun

Christie Stefanie, Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 19/04/2018 13:00 WIB
'Sehari' Busana Jokowi, dari Jaket Denim sampai Kain Tenun Jokowi di Muffest (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Muslim Fashion Festival (Muffest) Indonesia 2018 siang ini. Penampilannya jelas berbeda jika dibandingkan ketika menghadiri acara sebelumnya di JIExpo.

Pagi tadi, Presiden terlihat kasual karena mengenakan kemeja putih polos lengan panjang ketika membuka Indonesia International Motor Show (IIMS).

Ketika peresmian selesai, Jokowi bahkan sudah terlihat mengenakan jaket denim berlambang Indonesia yang ia gunakan ketika berkeliling di Sukabumi bersama motor Choppernya.


Gaya santainya semakin terlihat karena saat itu Presiden menggunakan sepatu sneakers hitam bercampur hijau. Jokowi terlihat berkeliling ruang pameran otomotif tersebut bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.


Namun sedikit berbeda dengan tampilan saat touring di Sukabumi, kali ini Jokowi terlihat mengancingkan jaket denimnya. Jaket denim Jokowi yang dikancingkan ini pun memperlihatkan peta besar Indonesia berwarna merah-putih di bagian dadanya.

Jokowi di IIMS 2018Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP
Jokowi di IIMS 2018

Jaket denim Jokowi ini pun langsung berganti dengan pakaian resmi nasional Indonesia, batik.

Jokowi memakai batik lengan panjang dengan warna dasar hitam dan motif cokelat. Ada semburat biru di dalam warna kemeja batiknya. Dia memakai kemeja batik ini untuk menghadiri ajang fesyen muslim, Muffest Indonesia 2018 di JCC.

Jokowi terlihat mengenakan batik cokelat lengan panjang, peci, sepatu pantofel hitam, celana panjang hitam, serta kain biru keunguan yang terlilit di celananya. Di ujungnya, kain ini dililit dengan tambahan draperi.

Jokowi di MuffestFoto: CNN Indonesia/Christie Stefanie
Jokowi di Muffest

Terlihat sebuah tali pinggang hitam dengan ujung besi berwarna emas untuk mengikat kain tenun bercorak dengan warna monokrom tersebut. Kepada CNNIndonesia.com, Lenny Agustin, salah seorang panitia Muffest mengungkapkan bahwa kain yang digunakan Jokowi merupakan koleksi salah satu desainer anggota Indonesian Fashion Chamber. Sarung tersebut dari Deden Siswanto, dengan styling oleh Ali Charisma. 

Dalam satu hari ini, Jokowi berganti gaya dari anak motor menjadi gaya etnik.


Dalam pidato pembukaan Muffest 2018, Jokowi berpesan agar perkembangan fesyen Indonesia bisa tetap mempertahankan nilai agama, tradisi, dan kebudayaan bangsa selama ini.

"Modernisasi adalah bagian dari merangkul teknologi dan industri lifestyle. Tapi modernisasi harus dilakukan tanpa melupakan nilai agama, tradisi, dan norma," kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (19/4). (chs/chs)