4 Desainer Busana Muslim Buka Muffest 2018

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 19/04/2018 15:35 WIB
4 Desainer Busana Muslim Buka Muffest 2018 Parade busana muslim rancangan Sofie, Noore, Restu Anggraini dan Ernesto Abram menjadi peragaan pembuka Muslim Fashion Festival (Muffest) 2018. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekan mode busana muslim bertajuk Muslim Fashion Festival atau Muffest kembali digelar di Jakarta Convention Center. Ajang tahunan yang digelar untuk kali ketiga ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, pada Kamis (19/4).

Empat desainer busana menyuguhkan koleksi rancangannya sebagai pembuka festival. Diawali Sofie yang mengeluarkan tujuh set busana perempuan yang didominasi luaran dan celana longgar. Tak keluar dari ciri khas desainnya, Sofie kali ini masih banyak menggunakan kain bermotif garis-garis vertikal atau horizontal. Warna putih, hitam, abu-abu, dan hijau menjadi kombinasi warna yang digunakan yang dilengkapi dengan topi kain jaring-jaring yang menjuntai.

Setelahnya, busana muslim juga tersedia bagi perempuan yang aktif berolahraga. Label Noore by Adidharma Sudrajat menyuguhkan beberapa bentuk pakaian olahraga yang longgar yang terdiri dari celana seperti legging longgar, atasan, midi-dress, rok, dan jaket ber-hoodie. Pakaian itu dikombinasikan dengan sepatu olahraga, tas samping dan tas pinggang serta pilihan beberapa pilihan hijab.


4 Desainer Busana Muslim Buka Muffest 2018Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika



4 Desainer Busana Muslim Buka Muffest 2018Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika

Rangkaian selanjutnya menampilkan koleksi busana ETU dari lini Restu Anggraini. Sebanyak tujuh busana menggunakan bahan organza dipamerkan di hadapan pengunjung. Kain organza yang menerawang ditutupi dengan baju dalam berwarna abu-abu. Organza itu dikreasikan dengan permainan model lengan, kancing dan saku.

4 Desainer Busana Muslim Buka Muffest 2018Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika

Rangkaian terakhir dari peragaan pembuka Muffest menampilkan busana nyentrik dari Ernesto Abram. Koleksi busana muslim ini memadukan luaran kulit hitam dengan detil bolong di beberapa bagian. Jaket kulit crop tee merah mengkilap juga menarik perhatian pengunjung.

Berlangsung dari 19 hingga 22 April 2018 mendatang, Muffest 2018 dijadwalkan akan menampilkan sejumlah rancangan dari beberapa label dan desainer busana muslim lainnya.

4 Desainer Busana Muslim Buka Muffest 2018Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika



"Industri fesyen di Indonesia berkembang pesat khususnya busana Muslim. Momentum menjadikan Indonesia pusat mode dunia bukan 2020, bukan besok atau lusa tapi sekarang," kata Ketua Indonesia Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma penyelenggara Muffest 2018, saat pembukaan. 

Muslim Fashion Festival merupakan festival mode khusus busana muslim di Indonesia yang sudah digelar sejak 2016.

Selama lima hari, total akan ada sekitarr 20 fashion show, seminar, art installation dan pertunjukan seni. Tahun ini, penyelenggara menargetkan peningkatan jumlah pengunjung mencapai 65 ribu orang. Pada edisi sebelumnya Muffest berhasil menggaet 25.733 pengunjung pada 2016 dan meningkat menjadi 45.153 pengunjung pada 2017. (rah/rah)


BACA JUGA