Konsumsi Buah dan Sayur Mentah Baik untuk Kesehatan Mental

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 23/04/2018 11:20 WIB
Sebuah studi kesehatan terbaru mengungkapkan konsumsi buah dan sayur mentah dapat meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi gejala depresi. Sebuah studi kesehatan terbaru mengungkapkan konsumsi buah dan sayur mentah dapat meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi gejala depresi. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/Wavebreakmedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para ahli gizi selalu menyarankan untuk menambahkan buah dan sayur dalam asupan makanan sehari-hari. Tak hanya bicara soal kesehatan secara fisik, buah dan sayur ternyata juga berhubungan dengan kesehatan mental.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa konsumsi buah dan sayur mentah dapat meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi gejala depresi. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak produk yang alami atau mentah memiliki tingkat kesejahteraan psikologis lebih tinggi daripada mereka yang lebih banyak makan makanan olahan.

Penelitian yang dilakukan periset Universitas Otago, Selandia Baru itu melibatkan 422 orang dewasa berusia 18-25 tahun. Mereka menyelidiki lebih jauh beberapa variabel yang berkaitan dengan gaya hidup partisipan antara lain, diet keseluruhan, aktivitas fisik, indeks massa tubuh dan status sosial ekonomi.



Akan tetapi, peneliti belum dapat mengidentifikasi penyebab tingginya kesehatan mental partisipan. Mereka berspekulasi hal ini ada karena kandungan nutrisi mikro dari buah dan sayur. Kandungan nutrisi ini lebih mudah diserap tubuh dalam kondisi mentah.

"Buah dan sayur mentah dapat menyediakan kandungan nutrisi mikro begitu tinggi daripada buah dan sayur olahan, yang dapat menjelaskan hubungan kuat dengan peningkatan kesehatan mental," tulis peneliti dalam studi, seperti dikutip dari The Independent (22/4).

Para peneliti menambahkan makanan olahan dan produk kaleng punya kemungkinan penurunan kandungan nutrisi sehingga mengurangi manfaat mereka bagi kesehatan mental. Namun bukan berarti makanan olah tak punya manfaat untuk kesehatan mental. Peneliti menemukan makanan olahan berhubungan dengan peningkatan mood atau perasaan.


Asupan buah dan sayur mentah dapat meningkatkan kepuasan hidup, mengurangi gejala depresi dan membuat mood jadi lebih baik. Para peneliti mengidentifikasi 10 buah dan sayur yang berhubungan dengan kesehatan mental yakni, wortel, pisang, apel, sayuran hijau, jeruk bali, selada, buah sitrus, beri segar, timun dan kiwi.

Untuk sayuran mentah mereka menyebut seledri, kubis, tomat, jamur, dan bawang bombay merah memiliki hubungan kuat dengan perasaan positif.

"Jika pola ini ditemukan pada studi lain, ini bisa jadi saran bahwa aturan kesehatan dapat fokus pada dorongan untuk mengonsumsi produk mentah untuk kesehatan mental optimal," kata peneliti menyimpulkan. (rah/rah)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK