FOTO: Warna-warni 4 Suku Makassar dalam Koleksi Happa

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Senin, 23/04/2018 12:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Happa, label busana yang digawangi Mel Ahyar dan Andien, mengeluarkan koleksi yang terinspirasi dari kain tradisi empat suku Makassar di panggung JFFF 2018.

Terinspirasi dari tarian empat suku di Makassar, Mel Ahyar dan Andien yang menggawangi label Happa mengeluarkan koleksi busana penuh warna di pekan mode Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) 2018 yang berlangsung di Harris Hotel Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (22/4). (CNNIndonesia/Safir Makki)
Bertajuk 'Tapak Rentak', koleksi busana yang menggabungkan tradisi dan potongan modern itu terinspirasi dari tarian Suku Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Selain menggunakan kain khas setempat, Mel dan Andien menambahkan motif cetak serta potongan 'tak biasa' yang membuatnya mencolok. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Seperti individu dengan tiap karakternya, setiap tarian yang menginspirasi koleksi ini disebutkan juga punya filosofi sendiri. Tari Pakarena dari Makasssar misalnya, menampilkan karakter perempuan gowa yang sopan, lembut dan patuh. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Sementara, tiga tarian lainnya yang juga menginspirasi koleksi Happa kali ini adalah tari Pajoge dari Bugis, tari Pa'gellu dari Toraja dan tari Pa'tuddu dari Mandar. Setiap tarian mengusung warna-warna cerah, seperti oranye, kuning, tosca, dan biru. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Lewat koleksi Happa kali ini, Mel dan Andien mengeksplorasi pemakaian tenun Makassar Pakduredure dan kain lagosi khas Makassar. Penggunaan kain itu dikreasi sedemikian rupa lewat potongan asimetris, celana gantung berlipit serta penambahan statement bordir dan beading yang menggantung. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Dengan eksplorasinya luas, Happa menghadirkan sentuhan kain Makassar yang kaya warna, serta motif yang mencolok mata. Beberapa potongan busana tampil 'memanjakan' mata terutama dari permainan warna dan motifnya. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Salah satu di antara warna yang mencolok mata itu yakni oranye yang dipadu dengan detail putih dan hitam. Sentuhan modernisme dalam peragaan kali ini memberi kebaruan tersendiri. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Keberagaman suku di Makassar dan kekayaan di masing-masingnya ditampilkan juga lewat pemilihan warna busana. Koleksi 'Tapak Rentak' seperti namanya, ingin menghadirkan gerak langkah yang menapak serentak dengan menggali potensi kain tradisi Indonesia. (CNNIndonesia/Safir Makki)