3 Masalah Menyebalkan yang Dialami Wanita Bermake-up

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 10:00 WIB
3 Masalah Menyebalkan yang Dialami Wanita Bermake-up ilustrasi tpuch up (BreakingPic/Pexels)
Jakarta, CNN Indonesia -- Make-up tentu jadi andalan perempuan agar terlihat cantik dalam berbagai kesempatan.

Make-up dipakai untuk 'menyempurnakan' wajahnya dan menyembunyikan kekurangan. Hal ini pun membuat perempuan rela menghabiskan banyak uang dan juga usaha untuk menjaga kesempurnaan make-upnya.

Meski make-up bisa membantu perempuan terlihat lebih cantik, namun tak dimungkiri kalau perempuan juga butuh waktu lebih untuk 'merawat' make-upnya agar tahan lama di wajah.


"Dengan tuntutan kesibukan dan multi-role yang dijalankan perempuan masa kini, perempuan itu butuh make-up yang tahan lama agar tidak perlu touch up lagi," kata Adina Tontey, General Manager Lakme Indonesia, salah satu merek make-up saat peluncuran Lakme 9 to 5 di Jakarta, Rabu (24/4).

"Berdasarkan riset yang kami lakukan terkait alasan di balik kebutuhan akan make-up tahan lama ini, ada tiga masalah utama yang dialami perempuan bermake-up secara global di seluruh dunia, termasuk perempuan Indonesia setelah beberapa jam pakai make-up."


1. Foundation yang menggumpal
Setelah beberapa jam memakai make-up, foundation atau alas riasan Anda pasti sudah mulai menggumpal di wajah. Tandanya, titik-titik foundation yang kecoklatan mulai terbentuk di sekitar wajah.

Karena bereaksi dengan minyak wajah, keringat, dan kotoran lainnya, foundation pun mulai menggumpal, tak lagi blend dengan kulit.

"Biasanya perempuan itu kalau pakai foundation maunya yang tebal, alasannya biar tahan lama. Padahal itu enggak menjamin," kata make-up artist profesional Lawra dalam kesempatan yang sama.

"Seharusnya pakai foundation itu satu layer saja dan pilih yang ringan biar tak menggumpal dan tahan lama."

2. Lipstik memudar
Lipstik adalah sahabat terbaik perempuan. Dengan pilihan lipstik tepat, tampilan pun jadi sempurna. Tak heran kalau perempuan rela berkali-kali memoles kembali warna bibirnya yang sudah memudar walau baru saja touch up.

Tak dimungkiri, dibanding make-up bagian lainnya, lipstik memang bagian yang paling cepat memudar warnanya. Hal ini terjadi 'berkat' aktivitas yang dilakukan, termasuk makan.

"Ada alasan kenapa lipstik itu cepat luntur, salah satunya adalah kebiasaan makan makanan berminyak," ucap Adina.

"Kandungan minyak di dalam makanan berminyak ini akan menghapus lipstik. Minyak ini ibarat make up remover. Di dalam make up remover itu juga mengandung minyak untuk menghapus make-up."


3. Eyeliner luntur
Bisa jadi eyeliner yang Anda pilih sudah waterproof sehingga tak hilang saat cuci muka. Namun, bukan tak mungkin kalau seiring waktu, eyeliner Anda juga bisa luntur dan mengotori wajah.

Kalau sudah begini, warna hitam eyeliner bakal menodai tampilan Anda. Parahnya lagi, warna hitam eyeliner ini bakal sulit dihilangkan kecuali dengan make-up remover yang berpotensi juga merusak tampilan keseluruhan Anda.

"Untuk perempuan Indonesia, ini jadi masalah besar, jadi mau tak mau mereka harus sering-sering rajin touch up." (chs/chs)