Gerbang 'Land of Oz' Kembali Dibuka Tahun Ini

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 19:25 WIB
Gerbang 'Land of Oz' Kembali Dibuka Tahun Ini Ilustrasi. (AFP PHOTO/Yoshikazu TSUNO)
Jakarta, CNN Indonesia -- 'The Wonderful Wizard of Oz' adalah sebuah karya sastra anak yang ditulis oleh L. Frank Baum dan ilustrasinya digambar oleh W. W. Denslow.

Diterbitkan pada 17 Juni 1900, hingga saat ini Wizard of Oz menjadi kisah yang selalu memukau setiap generasi.

Kepopuleran kisah tersebut dimulai setelah film layar lebarnya dirilis pada tahun 1939.


Kisah sang karakter utama, Dorothy, bersama anjing peliharaannya, Toto, yang tersesat di dunia ajaib Land of Oz juga menjadi inspirasi bagi pengelola taman bermain di Amerika Serikat.

Berlokasi di North Carolina, taman bermain ini beroperasi untuk yang pertama kali pada tahun 1970-an.

Sejak dibuka, taman bermain Land of Oz hanya beroperasi selama satu dekade, sebelum akhirnya ditutup sementara pada tahun 1980 karena masalah dana pengelolaan.

Penggemar berat kisah Wizard of Oz tentu saja ingin taman bermain itu tetap dibuka, sehingga muncul kampanye donasi yang akhirnya membuat taman bermain itu kembali dibuka pada tahun 1994.

Tak sampai setahun taman bermain Land of Oz kembali tutup karena masalah yang sama.

Tapi ada kabar gembira menyangkut objek wisata untuk keluarga itu. Tahun ini taman bermain itu akan kembali beroperasi.

Setiap hari Jumat di bulan Juni, September dan Oktober, taman bermain ini bisa dikunjungi dengan acara jelajah seru bertajuk 'Journey with Dorothy.'

[Gambas:Instagram]

Seluruh karakter Wizard of Oz seperti Scarecrow, TinMan, Lion, Witch, dan Glinda akan ditemui pengunjung yang ikut dalam acara jelajah tersebut. Mereka bisa muncul dari semak-semak atau ruangan rahasia yang berada di sekitar taman bermain.

Selain berkeliling di taman bermain, ada juga kegiatan kreativitas anak, bazaar kuliner dan pernak-pernik sampai pentas kabaret.

Jangan bayangkan taman bermain yang dipenuhi oleh banyak wahana permainan seperti di Dunia Fantasi. Taman bermain Land of Oz hanya berupa taman seluas sembilan are dengan jalanan yang disusun dari puluhan ribu batu bata kuning yang disebut Yellow Bricks Road.

Satu-satunya wahana permainan yang ada di sana ialah kincir angin berbentuk balon udara dengan 24 tempat duduk.

Walau sederhana, namun pemandangan indah perbukitan dan lembah Beech Mountain di North Carolina bisa disaksikan dari atas wahana tersebut.

"Taman bermain ini merupakan salah satu taman bermain dengan pemandangan paling indah di dunia. Kami memadukan alam dan kisah fantasi yang legendaris. Suasana di sini terasa sangat magis. Semua orang pasti senang berada di sini," kata perwakilan pengelola Land of Oz, Sean Barrett, seperti yang dikutip dari Lonely Planet.

Acara Journey with Dorothy berlangsung selama satu jam setiap harinya. Bagi yang ingin memesan tiket, bisa langsung berkunjung ke situs resminya.

[Gambas:Instagram]

(ard)