Brighton and Hove, Kota Paling 'Hipster' Sedunia Tahun Ini

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 20:06 WIB
Brighton and Hove, Kota Paling 'Hipster' Sedunia Tahun Ini Ilustrasi. (Vincenzo di Leo via Snapwire (CC0 1.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Brighton and Hove di Inggris terpilih sebagai kota di dunia yang paling kekinian alias hipster versi situs akomodasi MoveHub.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima pada Kamis (26/4), Brighton and Hove berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar berisi 446 kota dari 20 negara di dunia yang dirilis tahunan itu.

Ada sejumlah kategori yang dinilai dalam peringkat kehipsteran suatu kota, yakni jumlah penduduk yang vegan, kedai kopi, toko musik, butik fesyen, sampai gerai tattoo di suatu kota.


Kota yang berpenduduk kurang dari 150 ribu jiwa tidak masuk dalam perhitungan tersebut.

Selama setahun mengumpulkan data, MoveHub mendapat hasil bahwa ternyata ada 2.834 toko musik, 7.772 restoran vegan, 14.588 gerai tattoo, 15.549 butik fesyen dan 93.203 kedai kopi di ratusan kota tersebut.

Dan Brighton and Hove memiliki "kantong-kantong hipster" yang paling banyak di antara kota yang lain.

Brighton and Hove merupakan kota pesisir dengan populasi 273 ribu jiwa. Jika bosan dengan London, turis yang berjiwa muda bisa menghabiskan waktu di sini dengan hanya berkendara selama dua jam atau naik kereta selama satu jam.

Ada banyak objek wisata di sini, tapi yang paling populer ialah Brighton Pier, berupa dermaga dengan latar belakang pantai Brighton Beach.

[Gambas:Instagram]

Di musim panas, Brighton Beach sering menjadi lokasi festival musik seru. Keberadaan pusat observasi British Airways i360 juga menarik ratusan ribu turis datang setiap tahunnya ke sini.

Dari atas British Airways i360, turis bisa menyaksikan pemandangan setiap sudut kota.

Peringkat ke-dua sampai ke-sepuluh dalam daftar kota paling hipster se-dunia pada tahun ini ditempati oleh Portland (AS), Salt Lake City (AS), Seattle (AS), Lisboa (Portugal), Fort Lauderdale (AS), Miami (AS), Orlando (AS), Helsinki (Finlandia) dan Spokane (AS).

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, negara tetangga Indonesia yang kotanya masuk dalam daftar tersebut hanyalah Australia, dengan total 14 kota di sana yang mendapat predikat sebagai kota paling hipster se-dunia.

Yang menarik dari data ini ialah mengetahui bahwa semakin banyak anak muda di dunia yang memilih gaya hidup sehat dan bertattoo.

Kota yang paling banyak berpenduduk vegan ialah Portland (AS), sementara itu kota dengan penduduk bertattoo paling banyak ditemui di Las Vegas (AS).

[Gambas:Instagram]

Berikut ialah daftar lengkap sepuluh kota paling hipster di dunia versi MoveHub:

  1. Brighton and Hove (Inggis)
  2. Portland (AS)
  3. Salt Lake City (AS)
  4. Seattle (AS)
  5. Lisboa (Portugal)
  6. Fort Lauderdale (AS)
  7. Miami (AS)
  8. Orlando (AS)
  9. Helsinki (Finlandia)
  10. Spokane (AS)
(ard)