Gaya Kim Jong Un dalam Balutan 'Jas Mao' Saat Bertemu Korsel

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 27/04/2018 11:57 WIB
Gaya Kim Jong Un dalam Balutan 'Jas Mao' Saat Bertemu Korsel Kim Jong Un mengenakan jas bergaya Mao khasnya saat menjalani pertemuan dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, Jumat (27/4). (Foto: Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejarah baru terjadi saat pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melangkahkan kaki pertama kali di tanah Korea Selatan. Kim menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjakkan kaki di Korsel dan disambut Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Selain pertemuan dan perbincangan pemimpin dua negara itu, busana yang dikenakan Kim juga menarik perhatian lantaran berbeda dari kebanyakan busana para pemimpin pria lainnya.

Jika kebanyakan pemimpin dalam acara formal memilih mengenakan jas modern dengan tambahan dasi dan kemeja, Kim justru memakai jas tertutup bergaya Mao.



Dilansir dari berbagai sumber, gaya busana dengan jas Mao dapat dikatakan 'signature style' yang kerap ditampilkan Kim Jong Un. Gaya busana ini diambil dari gaya pakaian tradisional China yang dikenal dengan jaz Zhongshan. Sebutan Mao, diambil karena kerap dipakai oleh Presiden Pertama China yaitu Mao Zedong.

Jas Mao yang dikenakan Kim bemotif garis-garis vertikal dengan kerah yang menyatu karena ditutup kancing. Kerah ini merupakan hasil modifikasi karena biasanya kerah Mao tidak berlipat dan berdiri tegak.

Pada jas yang dipakai KIm terdapat total lima buah kancing yang menyatukan jas milik Kim. Ornamen kancing juga terlihat di bagian ujung lengan. Pada bagian depan, jas itu terlihat memiliki empat saku yang terdiri dari dua di bagian atas dan dua di bagian bawah, kiri dan kanan.

Gaya Kim Jong-un dalam Balutan Jas Mao Saat Bertemu KorselFoto: Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters

Kim memadukan balutan jasnya dengan celana panjang dan sepatu hitam. Dandanan rambut klimis juga terlihat padan dengan kacamata dengan bingkai persegi berwarna cokelat di muka Kim. Gaya beberusana Kim dengan jas Mao ini kerap dikenakannya dalam berbagai acara resmi.

Kim bukannya tak pernah memakai jas formal dalam berkegiatan. Diberitakan SCMP, pada beberapa kesempatan Kim pernah memakai jas bergaya Barat, termasuk pada awal tahun ini saat dia mengenakan jas dan dasi berwarna abu-abu. Penampilannya yang 'formal' dan berbeda dengan gaya jas Mao khasnya menjadi perbincangan di sejumlah media. (rah/rah)