Studi: Pria Capai Tampilan 'Terbaik' di Usia 30 Tahun

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Kamis, 03/05/2018 08:58 WIB
Studi: Pria Capai Tampilan 'Terbaik' di Usia 30 Tahun Studi terkini dari salon khusus pria menemukan bahwa pria mencapai gaya atau tampilan prima di usia 30 tahun. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/Valua Vitaly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian wanita menganggap pria tampak menarik kala mereka telah 'berumur'. Akan tetapi sebuah studi menemukan bahwa pria mencapai gaya atau tampilan prima di usia 30 tahun. Studi ini diinisiasi oleh label produk perawatan tubuh pria, Braun.

Capaian tampilan 'terbaik' itu terjadi setelah pengalaman bertahun-tahun bereksperimen dalam memilih pakaian yang dikenakan, gaya rambut atau wajah. 

Dalam perjalanannya, para pria pernah mengalami rata-rata beberapa kali pergantian gaya rambut, bongkar pasang gaya busana dan bahkan tampilan secara keseluruhan ketika tahun berganti.



Dilansir dari Independent, studi tersebut melibatkan dua ribu pria. Sebanyak 40 persen pria menyebut gaya mereka kasual, sedangkan satu dari 10 pria mengutamakan kecerdasan. Temuan lainnya, satu dari 20 pria menyebut tampilan mereka 'menarik'.

Selanjutnya, empat dari 10 pria mengakui tampilan mereka bervariasi jelang usia prima. Sebanyak 66 persen memilih gaya tertentu, hanya karena kala itu sedang populer meski mereka tak merasa percaya diri. Sedangkan 95 persen pernah melakukan perombakan terhadap tampilan dan mereka menyesalinya.

Studi ini juga menemukan bahwa selain gaya atau tampilan, hal penting lain bagi pria adalah kepintaran dan kesuksesan dalam karier. Kombinasi tampilan dan kecerdasan memakan waktu lama untuk menjadi satu dalam diri seseorang. Baru di usia 35 tahun pria dianggap bisa 'memainkan' keduanya.


Di antara para partisipan, diketahui pemain sepakbola meyakini akan pentingnya keseimbangan antara penampilan dan kesuksesan. Untuk urusan penampilan, secara berurut mereka mementingkan gaya busana, diikuti dengan gaya rambut dan wajah.

Eric Dier, pemain sepakbola Inggris mengakui kedua hal ini perlu seimbang.

"Saat saya berada di pertandingan, saya tidak mau memilih salah satu antara kecerdasan atau penampilan, dan itu sesuatu yang saya banggakan," kata pria yang bermain untuk tim Tottenham Hotspur, seperti dikutip dari Independent (29/4).

"Itu benar karena sikap saya demikian, dan saya akan melakukan apa yang bisa dilakukan demi yang terbaik."


Selain beberapa hal di atas, studi tersebut juga menemukan fakta bahwa kesadaran pria akan perawatan tubuh dan penampilan mereka mengalami peningkatan, dengan rata-rata menghabiskan uang untuk mencoba gaya atau tampilan baru sebesar kurang lebih Rp6 juta.

Di antara hal-hal yang menarik perhatiannya, para pria menaruh kepedulian pada tempat tinggal, pasangan, anak, orangtua dan teman-teman. (rah/rah)