5 Manfaat Semangka untuk Wajah

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Jumat, 04/05/2018 12:37 WIB
Selain pas dikonsumsi kala musim panas, semangka rupanya juga 'berjodoh' dengan kulit wajah, berikut lima manfaat semangka untuk wajah. Selain pas dikonsumsi kala musim panas, semangka rupanya juga 'berjodoh' dengan kulit wajah, berikut lima manfaat semangka untuk wajah.(Thinkstock/jacoblund)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panasnya udara Jakarta membuat orang mencari berbagai cara untuk menyejukkan diri termasuk mengonsumsi buah semangka dingin.

Semangka yang kaya air langsung menyegarkan mulut yang kering dan menghidrasi tubuh.

Selain pas dikonsumsi kala musim panas, semangka rupanya juga 'berjodoh' dengan kulit wajah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima manfaat semangka untuk wajah.



1. Toner wajah

Ritual kecantikan wajah biasanya dimulai dengan membersihkan sisa riasan, cuci muka kemudian penggunaan penyegar atau toner. Semangka bisa menjadi toner alami wajah.

Air berwarna kemerahan dari semangka mampu menyegarkan kulit. Pijat wajah yang telah dibasahi dengan air semangka dan bilas dengan air. Wajah pun bisa segar dan terhidrasi.

2. Meremajakan kulit

Debu, sinar matahari dan polusi membuat kulit menua dengan cepat. Kulit bagian wajah biasanya jadi korban pertama penuaan dini sebab ia yang kerap terpapar tanpa perlindungan. Semangka mampu meremajakan dan merevitalisasi kulit wajah.

Caranya, cukup dengan menjadikan semangka sebagai masker plus sedikit madu. Terakhir bilas masker dengan air dingin. Wajah pun langsung terasa segar.

"Vitamin A dan C dari semangka bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit setelah terpapar sinar matahari, angin atau bahkan stres," ujar dermatolog Anna Guanche yang berbasis di California, AS dikutip dari Brit (16/3).


3. Mengurangi iritasi

Semangka memiliki fungsi 'menenangkan' kulit wajah jika terjadi iritasi. Sejak dulu, para perempuan Korea memanfaatkan semangka untuk mengurasi kemerahan pada wajah dan meredakan peradangan.

"Para nenek di Korea dulu menggosokkan kulit semangka pada bagian kulit yang terbakar sinar matahari, ruam, atau kulit yang terkena iritasi untuk menenangkan dan membantu mempercepat proses penyembuhan," kata Anna.

4. Mengontrol minyak

Semangka kaya akan vitamin A. Ia mampu memperkecil pori kulit wajah sehingga keluarnya minyak tak berlebih. Mereka yang memiliki kulit berminyak akan merasakan manfaatnya apalagi di cuaca panas akhir-akhir ini. Gunakan sebagai masker wajah sebanyak dua kali sehari.


5. Kulit jadi berkilau

Memanfaatkan semangka untuk kulit wajah secara teratur membuat kulit menjadi berkilau, tampak segar dan tidak kusam. Semangka dapat dikonsumsi begitu saja atau dibasuhkan pada wajah.

Tak perlu ragu mengaplikasikan semangka pada wajah karena ia cocok untuk segala jenis kulit.

"Meski anda punya kulit berminyak, berjerawat, sensitif, menggunakan semangka atau produk yang mengandung semangka adalah positif," kata dermatolog yang berbasis di Beverlly Hills, Harold Lancer. (chs/chs)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK