Protes Larangan 'No Flats', Kristen Stewart Nyeker di Cannes

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 15/05/2018 13:31 WIB
Protes Larangan 'No Flats', Kristen Stewart Nyeker di Cannes Kristen Stewart nyeker di Cannes (REUTERS/Eric Gaillard)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap selebriti yang melangkah di karpet merah Cannes Film Festival bebas memilih gaun yang ingin dipakainya.

Tapi ada satu aturan berbusana tak tertulis yang tak bisa dilanggar yaitu selebriti perempuan harus menggunakan high heels atau sepatu hak tinggi. Mereka dibatasi dengan aturan 'no flats'

Sebuah adegan kontroversial pun terjadi di karpet merah Cannes 2018. Aktris Kristen Stewart menunjukkan aksi protesnya pada 'larangan' tersebut dengan melepas sepatu tumit tinggi mahalnya, Christian Loubotin.



Awalnya, Stewart yang melangkah di karpet merah dengan gaun mini berwarna perak penuh detail itu berpose untuk para juru kamera. Dia muncul saat pemutaran film Blackkklansman.

Namun usai berpose, dia langsung naik tangga menuju lokasi pemutaran film sambil melepas stilettonya. Dia menuju lokasi pemutaran film dengan kaki telanjang alias nyeker.

Mengutup Elle, Stewart ingin memberi sebuah pesan bahwa dia tak peduli dengan aturan sepatu 'no flats' dari Cannes.

Ini bukan pertama kalinya, bintang Twilight ini tak ikut aturan Cannes. Di tahun 2016 lalu, dia memakai sebuah sneakers hitam.

Namun dia mengganti sneakers dengan stiletton silver hanya untuk sesi foto. Dalam foto tersebut, dia juga menyampaikan pesan jelas dengan jari tengahnya untuk mewakili perasaannya soal mengganti sepatu.

Saat itu dia juga mengungkapkan bahwa aturan Cannes bersifat seksis.


"Sesuatu harus diubah secepatnya. Ini menjadi sangat jelas bahwa saat (seorang pria dan saya) berjalan di karpet merah bersama dan seseorang memberhentikan saya sambil berkata, 'Permisi nona, Anda tidak pakai heels, Anda tak bisa masuk.' Dan kemudian saya akan berkata,'Teman saya juga (tidak pakai heels), apakah dia harus pakai heels," katanya.

Kristen Stewart nyeker di Cannes 2018Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Kristen Stewart nyeker di Cannes 2018

"Ini seharusnya berlaku dua arah. Ini bukan hanya sekadar Anda meminta Anda untuk melakukan apa yang tidak Anda minta kepadanya untuk dilakukan. Saya paham soal pria, tapi seharusnya Anda bisa melakukan versi lainnya, flats atau heels."

Steward bukan satu-satunya selebriti yang menentang aturan no flats di Cannes. Tahun 2015, Emily Blunt juga sempat mengungkapkan harapannya untuk bisa memakai flats di Cannes.

Julia Roberts juga pernah melakukan protes dengan nyeker di Cannes 2016 lalu.

(chs/chs)