Gogon dan Fenomena Jambul Ikoniknya

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 15/05/2018 18:41 WIB
Gogon dan Fenomena Jambul Ikoniknya Gogon (Detikcom/Ismail)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelawak Gogon Margono meninggal dunia pada Selasa (15/5).

Kabar tersebut datang dari sesama rekan Gogon di grup lawak Srimulat, Kadir yang kemudian dikonfirmasi oleh pelawak Tarzan.

"Telah meninggal dunia kawan kita pelawak Gogon Margono Srimulat tadi pagi jam 05.00 di rumah sakit Kota Bumi, Lampung," kata Tarzan dalam pesan tulis yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (15/5).



Kepergian Gogon meninggalkan kesedihan dan duka mendalam di dunia hiburan khususnya pecinta lawak Srimulat.

"Gogon sudah sakit jantung selama dua tahun terakhir," kata Kadir saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (15/5). "Ia kena penyumbatan, penyakit jantung koroner,"

"Yang saya tahu, Gogon itu sudah ngos-ngosan nafasnya [saat berpentas]. Diminta untuk pasang ring [jantung], namun dia tidak berani," kata Kadir.

Tak dimungkiri kalau selain punya lawakan dan juga bahasa tubuh yang khas, pelawak berusia 58 tahun ini juga punya gaya yang khas. Apalagi kalau bukan kumis 'petak' dan jambul pirangnya.

Mengutip berbagai sumber, kumis 'petak' Gogon ini ternyata terinspirasi dari pelawak terkenal dunia Charlie Chaplin.

Dengan gaya lucu dan kumis khasnya, Gogon berharap bisa mengocok perut warga Indonesia dengan lawakan dan penampilannya. Untuk membuat gayanya lebih lucu dan unik, Gogon juga menampilkan gaya rambut yang tak biasa, jambul.

Hanya saja, 'jambul' ini sebenarnya bukanlah jambul karena berada di bagian tengah kepala plontosnya. Tak sekadar menyisakan rambut di tengah plontosnya, Gogon juga mengecat pirang beberapa helai sisa rambutnya di bagian tengah.

Sebenarnya gaya rambut ini mirip dengan gaya mohawk, hanya saja dia mencukur habis bagian pinggirnya dan lebat di bagian tengahnya.

Selain disebut jambul, rambut ala Gogon ini juga kerap kali disebut sebagai rambut sikat, lantaran bentuknya yang menyerupai sikat lantai hitam.

Jambul Gogon ini pun menjadi sebuah identitas unik dan khas untuk dirinya di dunia hiburan.


'Para peniru'

Tahun-tahun pun berlalu, jambul makin lekat dengan citra Gogon.

Gaya dan tampilannya yang lucu serta unik akhirnya membuat banyak orang menirunya.

Banyak pria-pria Indonesia yang meniru gaya rambut unik ini. Namun tak cuma warga biasa yang mengikuti jambul Gogon. Beberapa selebriti pun terinspirasi untuk punya jambul tinggi.

Seketika, rambut jambul pun sempat jadi tren di dunia tata rambut di tahun 2012. Sebut saja beberapa selebriti seperti Gaston Castanyo, mantan suami Julia Perez sampai Syahrini dengan jambul khatulistiwa fenomenalnya.

Di Hollywood sendiri, aktor Josh Duhamel juga sempat memakai rambut jambul. Namun berbeda dengan Gogon, rambut Duhamel sendiri masih punya rambut yang panjang.

David Beckham, Jared Leto, Mark Salling di tahun 2012 juga sempat punya rambut jambul ala Gogon, bahkan sangat mirip.


(chs/chs)


ARTIKEL TERKAIT