Analisis

Perbandingan Gaun Pernikahan Meghan Markle dan Kate Middleton

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Minggu, 20/05/2018 14:24 WIB
Perbandingan Gaun Pernikahan Meghan Markle dan Kate Middleton Gaun pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry dianggap bakal bergaya mewah dan glamor, namun sebaliknya, gaun pengantin Markle justru polos dan simple.(Jonathan Brady/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebulan sebelum pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle digelar, spekulasi soal siapa yang akan mendesainer gaun pengantin Meghan Markle terus bergulir.

Nama-nama desainer terkenal kelas atas dari beragam rumah mode di Inggris dan Amerika pun disebut-sebut jadi desainer gaun pengantin Kerajaan Inggris ini. Sebut saja Ralph & Russo, Burberry, Victoria Beckham, Vera Wang, Erdem, dan lainnya.

Hanya saja nama-nama ini semuanya 'mental' setelah dunia melihat gaun pengantin putih yang dipakai Meghan Markle setelah dia turun dari Rolls Royce yang membawanya ke Kapel St. George di Kastel Windsor, Inggris.



Gaun Meghan Markle bukanlah buatan Ralph & Russo! Dia melenggang anggun dengan gaun pengantin berkerah boat polos dan veil sepanjang lima meter buatan Clare Waight Keller dari rumah mode Givenchy.

Kensington Palace mengunggah pernyataan resminya bahwa gaun ini dibuat oleh rumah mode Givenchy.

"Gaun pengantin Duchess of Sussex didesain oleh desainer Inggris Clare Waight Keller. Nona Waight Keller tahun lalu menjadi direktur artistik perempuan pertama di rumah mode Perancis Givenchy," tulisnya.

"Nona Waight Keller mendesain veil yang merepresentasikan tanaman khas di persemakmuran dalam komposisi bunga yang spektakuler."

Seluruh dunia kaget bahwa Keller-lah yang dipilih Markle. Pasalnya Keller tak tercatat dalam 'bursa nama-nama desainer' yang diprediksi semua orang.

Keller memang bukan nama yang dijagokan. Pasalnya, mendekati hari pernikahan, nama Ralph & Russo pun dicalonkan sebagai nama terkuat desainer yang dipilih oleh bintang Suits tersebut.

Pasalnya, pada awal Mei lalu, Royal School of Needlework yang membantu membuat gaun pengantin Kate Middleton, mengunggah sebuah status tengah dikunjungi oleh Ralph & Russo haute couture tim. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa rumah mode ini yang akan membuat gaun pengantin Markle.

[Gambas:Instagram]

Tak cuma itu, spekulasi kuat soal Ralph & Russo ini terjadi karena Meghan dianggap kenal dekat dengan sang desainer dari rumah mode tersebut. Busana karya Ralph & Russo pun dipakai Meghan saat melakukan foto pertunangannya dengan Pangeran Harry beberapa waktu lalu.

Ralph & Russo pun tak juga angkat bicara untuk membenarkan atau membantahnya. Ini berbeda dengan desainer Vera Wang sebelumnya dengan tegas membantah kalau dia yang ditunjuk Meghan Markle untuk mendesain gaunnya.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan MarkleFoto: Andrew Matthews/Pool via REUTERS
Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Sehari jelang hari pernikahan Harry dan Meghan Markle, spekulasi desainer terus bertambah. Nama Stella McCartney pun masuk dalam bisikan spekulatif desainer gaun pengantin.

Tebakan atas nama McCartney ini tak sepenuhnya salah, pasalnya McCartney memang mendandani Meghan di pesta resepsi di sore harinya.

Markle Sparkle

Sama seperti Kate Middleton dengan tren fesyennya yang disebut sebagai Kate Effect, gaya busana Meghan Markle dikenal sebagai Markle Sparkle. Gaun ini pun diprediksi bakal menjadi trendi berkat Markle Sparkle.

Gaun Markle terlihat sederhana dan polos. Gaun putihnya ini didesain dengan detail boat neck, bocy contour dan mengembang di bagian bawahnya. Gaun dengan ekor gaun panjang dan veil transparan sepanjang lima meter ini dilengkapi dengan tiara di kepalanya.

"Kami ingin menciptakan sebuah gaun yang tak lekang waktu yang menggambarkan semangat ikonik Givenchy yang bersejarah, dan sekaligus menampilkan modernitas melalui siluet yang ramping dan potongan yang tajam," ungkap Clare Waight Keller melalui kantor hubungan publik milik Givenchy.

Secara kontras, keindahan motif bunga pada tudung adalah sebuah visi bersama Meghan dan saya, sebuah gestur yang menyambut keindahan flora dari seluruh Persemakmuran, yang dibuat di sekeliling tudung yang berbahan tulle sutera."

Gaya gaun Meghan Markle ini disebut-sebut membawa aura klasik mirip Audrey Hepburn. Gaun ini juga disebut mirip dengan gaun yang dipakai JLo dalam The Wedding Planner.

Hanya saja gaun Markle yang sederhana membuat 'dunia' terbelah menjadi dua. Sebagian suka dengan kesederhanaannya, sebagian lagi menganggap gaunnya terlalu sederhana, polos, dan membosankan.

Tak dimungkiri, mendengar kata pernikahan kerajaan, gaun yang terbayang biasanya langsung tertuju pada gaun yang megah, mewah, mengembang, dan berdetail mewah.

"Gaun ini benar-benar di luar anggapan. Semua orang berpikir gaun pernikahan kerajaan akan glittery, glamor, dan seperti seorang putri," kata Joe Zee, fashion stylist kepada CNN.

Selain soal pernikahan kerajaan, gaun Markle yang dibayangkan bergaya mewah juga didasarkan pada latar belakang Markle yang seorang aktris Amerika dan juga fashionista yang gemar bergaya seksi.

Hanya saja Christine Ross, editor Meghan's Mirror, laman yang menggunggah berita fesyen yang dipakai Meghan Markle mengungkapkan bahwa gaun ini adalah gaun yang sesuai dengan gayanya.

"Gaun yang dipakai Meghan ini berpotongan clean dan slim. Gaun ini benar-benar gaya Meghan," katanya saat wawancara dengan CNN.

"Gaunnya simple, cool. Meghan sangat suka dengan gaun berstruktur, clean, dan boat necknya membuatnya terlihat regal."

Boat neck sendiri dalam gaun pernikahan dianggap sebagai tipe klasik dan tren di tahun 1980-an. Gaun pengantin Meghan pun dianggap sebagai gaun klasik yang tak akan pernah usang.


Meski terbilang klasik, namun gaun pengantin dalam pernikahan Harry-Meghan ini masih mencirikan sisi Markle di dalamnya.

Pengamatan CNNIndonesia.com, Markle yang punya gaya seksi ini menambahkan 'sentuhan diri sendirinya' di dalam gaun tersebut. Jika diamati lebih lanjut, boat neck gaun pengantin Meghan Markle ini jauh lebih lebar dari ukuran boat neck yang seharusnya. Namun tak terlalu lebar sampai menjadi off shoulder.

Dari sini terlihat bahwa Markle sendiri masih berusaha untuk terlihat seksi sesuai dirinya sekaligus masih terlihat 'aman' untuk mendapat persetujuan Ratu Elizabeth II.

Persetujuan Ratu Elizabeth sudah menjadi tradisi sejak sang Ratu mulai menikahkan cucu-cucunya mulai dari Autumn Kelly dengan Peter Phillips pada 2008 dan Kate Middleton dengan Pangeran William pada 2011 lalu. Saat ini, Markle yang melakukannya sebelum menikah dengan Pangeran Harry.

Desain sederhana Keller dari Givenchy ini juga mengagetkan fashion stylist Joe Zee. Dia memuji bahwa Keller berhasil membawa keeleganan pengantin perempuan lewat gaun pengantin yang sederhana.

Namun dia juga memuji bahwa Keller yang belum lama bergabung dengan Givenchy ini dikenal sebagai desainer yang banyak mendandani selebriti dengan gaya mewah dan glamor untuk karpet merah berbagai acara di Hollywood.


Gaun pengantin Kate MiddletonFoto: AFP PHOTO / BEN STANSALL
Gaun pengantin Kate Middleton

Beda Kate dan Meghan

Gaun pengantin klasik Meghan Markle sendiri terlihat jauh berbeda dengan gaun pengantin Kate Middleton tahun 2011 lalu.

Pengamatan CNNIndonesia.com, meski sama-sama bergaya klasik dan konvensional namun aura pernikahan terasa berbeda. Penikahan Harry dan Meghan cukup terasa perpaduan kultur Amerika-Inggris dengan gaya busana yang dipilih, tanggal yang dipilih, sampai tamu yang hadir.

Sedangkan saat pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William tahun 2011 lalu, Kate memakai gaun buatan Sarah Burton dari Alexander McQueen yang dikenal dengan kekayaan detailnya.

Gaun Kate yang konvensional dengan lace dan heart neckline ini terlihat elegan. Gaun Middleton pun lebih mengembang dan veilnya tak sepanjang milik Markle.

Jika Markle memilih untuk menggelung rambutnya dengan gaya khasnya, messy bun, Kate Middleton memilih untuk menggerai dan mengikalkan rambutnya.

"Kate Middleton punya gaya yang lebih aman, elegan, dan sangat British. Sedangkan Meghan akan membawa gaya yang lebih modern dan funky cut," kata Christine.



(chs/chs)