Celana Panjang Pertama Pangeran George

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 22/05/2018 13:52 WIB
Celana Panjang Pertama Pangeran George Di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Pangeran George terlihat memakai celana panjang pertama kalinya di depan publik. (Foto: Andrew Matthews/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu (19/5), ternyata tak cuma berfokus pada busana yang dipakai pasangan pengantin baru tersebut.

Selain Meghan-Harry dan Kate Middleton, busana Pangeran George juga menarik perhatian. Bukan soal seragam militer hitam yang mirip dengan baju pengantin Harry, tapi soal celananya.

Kakak Putri Charlotte dan Pangeran Louis ini memakai celana panjang hitam dengan garis merah di sisinya. Busana ini dibuat kustom oleh Savile Row tailors Dege & Skinner.



Celana Panjang Pertama Pangeran GeorgeFoto: Brian Lawless/Pool via REUTERS


Sedikit kilas balik, Pangeran George selama ini tak pernah terlihat memakai celana panjang. Dalam berbagai kesempatan, George selalu terlihat memakai celana pendeknya. Ini adalah pertama kalinya Pangeran George memakai celana panjang.

Bisa jadi ini adalah hal yang spesial mengingat hari tersebut adalah hari pernikahan sang paman.

Namun di hari lainnya, George bakal kembali memakai celana pendek saat tampil di depan publik, sekalipun di hari yang dingin. Untuk menyiasati agar kakinya tak kedinginan, George dipakaikan kaos kaki panjang.

George diharuskan untuk memakai celana pendek untuk mengikuti tradisi Inggris dalam keluarga kerajaan.

Mengutip Hello Giggles, ahli etiket William Hanson mengungkapkan alasan di balik George yang selalu mengenakan [atau dipakaikan] celana pendek.


"Ini adalah gaya yang sangat Inggris untuk memakaikan anak laki-laki muda celana pendek. Celana panjang adalah untuk anak laki-laki yang lebih tua, juga lelaki dewasa," kata Hanson kepada Elle.

"Celana pendek bagi anak laki-laki adalah sebuah penanda kelas di Inggris. Meskipun waktu perlahan-lahan mengubah semuanya, celana panjang anak laki-laki dianggap sebagai gaya kaum kelas menengah, atau bahkan orang pinggiran. Tak ada bangsawan atau keluarga kerajaan yang dianggap sebagai orang pinggiran. Termasuk Duchess of Cambridge."

Pangeran George dan celana pendeknya Foto: REUTERS/Kevin Light
Pangeran George dan celana pendeknya


Selain itu, Ingrid Seward, editor majalah Majesty mengungkapkan persetujuannya.

"Akan dianggap sangat 'kampungan' bagi anak lelaki yang masih kecil untuk memakai celana panjang ketika mereka masih kecil," kata Seward kepada People.

Dia menambahkan bahwa menurut tradisi kerajaan Inggris, anak kecil anggota kerajaan harus memakai celana pendek sampai usia delapan tahun.

"Celana pendek sampai usia delapan tahun dan 'wow, kamu pakai celana panjang," kata Seward. "Mereka tiba-tiba merasa sudah dewasa." (chs/chs)