6 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Jumat, 25/05/2018 07:02 WIB
6 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa Kurangnya asupan air dan cuaca panas berpotensi membuat bibir kering. Ada beberapa cara untuk menyiasatinya. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/Creatas Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bulan puasa ditambah panasnya cuaca kerap membuat bibir menjadi kering. Tak hanya itu, bibir juga menjadi pecah-pecah. Menurut Cindy Luken, pendiri label lipstik asal Australia, ada beragam alasan mengapa bibir mudah kering.

"Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti bagian kulit tubuh yang lain. Kulit (bibir) cenderung lebih tipis dan tidak punya lapisan atas yang tebal," katanya dikutip dari Daily Mail, baru-baru ini. 

Selain itu bibir juga sensitif karena ia nyaris tak memiliki melanin yang membawa warna pada kulit dan melindunginya dari sinar UV. Fakta ini membuat bibir harus menghadapi efek cuaca, pilihan makanan, kosmetik hingga puasa. Cindy pun memberikan beberapa tips untuk membuat bibir tak gampang kering.



1. Hindari menjilat bibir

Berpuasa mewajibkan orang untuk tidak makan dan minum hingga waktu berbuka. Hal ini pula yang kerap menggoda orang untuk menjilat bibir saat merasa kering. Saliva alias air liur mengandung banyak enzim yang didesain untuk mencerna makanan dalam lambung.

"Sekali bibir kering, ia menguap dengan cepat dan mengakibatkan kebiasaan menjilat yang konstan yang mana menimbulkan kerusakan pada area bibir dan berhenti (menjilat) dapat menyembuhkannya," jelas Cindy.

2. Gunakan produk natural

Cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan menjilat bibir adalah dengan menggunakan produk perawatan bibir siang dan malam. Cindy menyarankan agar menggunakan produk yang natural, kandungan antialergi misalnya minyak alpukat. Selain itu produk dengan kandungan zat antiair atau mampu menghalangi air seperti lilin lebah untuk mengunci kelembapan dan mencegah bibir menjadi pecah.

3. Hindari stres

Meredam stres juga dapat mencegah bibir jadi kering. Stres menyebabkan napas yang cepat yang mana dapat membuat bibir kering plus sariawan. Ia pun menyarankan untuk menggunakan balsem lemon untuk mengurangi sariawan daripada krim steroid. Orang juga dapat menggunakan produk bibir yang mengandung minyak sitrus.


4. Kurangi konsumsi makanan pedas

Sayangnya bagi mereka yang menyukai makanan pedas harus sedikit mengurangi. Makanan yang mengandung cabai dapat memicu alergi dan peradangan. Cara terbaik menyiasatinya adalah dengan memilih lipstik yang mengkombinasikan pelembap alami dan antiperadangan. Selain makanan pedas, ia juga merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi alkohol dan makanan yang asin.

5. Tambah asupan asam lemak esensial

Berdasarkan riset, orang yang kekurangan asupan asam lemak esensial kerap mengalami bibir kering. Untuk mengatasi masalah ini, ia menyarankan orang untuk mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, lapukat dan minyak ikan.

6. Hindari produk dengan aroma dan rasa sintetis

Beragam produk perawatan bibir tak pelak menggoda konsumen untuk memilikinya. Iming-iming aneka kandungan dan manfaat kerap membuat orang tak teliti membeli. Oleh karenanya, dianjurkan untuk tidak membeli produk yang mengandung aroma dan rasa sintetis.

"Aroma dan rasa sintetis diketahui dapat menimbulkan iritasi dan dehidrasi. Jangan terjebak pada kandungan petroleum yang melindungi bibir tanpa mengatasi masalah dasarnya dulu dan melembapkan terlebih dahulu," imbuhnya. (rah/rah)